Minggu, 27 Mei 2012

INJIL BARNABAS ASLI DITEMUKAN DI TURKI

Sekitar 20 tahunan yg lalu saya pernah membaca kopian INjil Barnabas yang salah satu ayatnya sangat menarik perhatian saya sehingga tidak akan pernah bisa saya lupakan. Dalam kitab tersebut Yesus (Isa) berkata tentang Nabi MUhammad: "Jika saya diberi kesempatan untuk bertemu dengannya, saya akan merasa sangat terhormat jika bisa membasuh terompahnya."

Kini sebuah kita Injil Barnabas kuno berumur diperkirakan mencapai 1.500 tahun telah ditemukan di Turki. Demikian laporan media Inggris Daily Mail beberapa hari lalu. Dan sebagaimana kopian Injil Barnabas lainnya (kitab tertua selama ini adalah terjemahan bahasa Italia yang dibuat abad XVI), kitab ini banyak menyebut tentang Nabi Muhammad yang disebut oleh Jesus sebagai Messiah atau Nabi terakhir.

Penamuan ini menimbulkan kegemparan di kalangan agamawan Kristen di seluruh dunia. Bahkan Gereja Vatikan disebutkan telah meminta ijin kepada pemerintah Turki untuk melihat kitab tersebut.

Kitab Injil Barnabas ini ditemukan tahun 2000 saat aparat keamanan melakukan operasi pemberantasan penyelundupan. Namun selama 12 tahun pemerintah Turki menyembunyikan keberadaan kitab ini sebelum akhirnya diserahkan kepada Ankara Ethnography Museum. Kitab yang sebagiannya berlapis emas ini diperkirakan berharga 14 juta poundsterling dan ditulis dalam bahasa Aramic, bahasa asli yang digunakan Jesus. Kitab ini berisi ajaran-ajaran awal kekristenen dan kedatangan Muhammad. Satu fotokopi dari satu halaman kitab yang ditulis tangan ini disebutkan berharga mencapai 1,5 juta pound.

Menteri pariwisata dan budaya Turki Ertugrul Gunay menyebutkan bahwa kitab ini diperkirakan sebagai kitab asli Injil Barnabas yang dilarang oleh gereja karena kesamaan isinya dengan keyakinan Islam. Sebagaimana keyakinan Islam, kitab ini menyebutkan Jesus sebagai manusia, bukan Tuhan. Kitab ini juga menolak dasar keyakinan Kristen, yaitu Trinitas. Selain itu, lagi-lagi sesuai dengan keyakinan Islam, kitab ini juga menolak terjadinya penyaliban terhadap Jesus.

Dalam satu ayatnya, Jesus berkata kepada seorang muridnya, "Sebutan apa yang akan disandang sang Messiah nanti? Muhammad adalah namanya yang diberkati."

Barnabas adalah salah satu murid terdekat Jesus. Ia lahir di Cyprus dengan nama Joseph. Namanya muncul dalam "Acts of the Apostles" Injil Perjanjian Baru dan Paulus menyebut namanya dalam  beberapa suratnya. Sejarah hidupnya masih menjadi misteri, namun kaum Kristen percaya ia meninggal dan dimakamkan di Salamis, Cyprus.


Tidak ada komentar: