Thursday 26 December 2019

Kuala Lumpur Summit Tandai Berakhirnya Cengkraman Arab Saudi untuk Dunia Muslim

Copas Warta Ekonomi, 23 Desember 2019.

Forum Kuala Lumpur Summit di Malaysia yang baru-baru ini dihadiri oleh tiga kepala negara penting telah digambarkan sebagai "game changer" atau "pengubah permainan" dalam hubungan dunia Muslim dengan Arab Saudi. Para ahli memprediksi efek domino dari forum itu dapat menandai akhir dari cengkeraman teologis dan politik Kerajaan Arab Saudi di dunia Muslim.

Para ahli mengatakan Kuala Lumpur Summit juga merupakan langkah Perdana Menteri Mahathir Mohamad untuk mencari tempat lain guna transfer teknologi yang lebih cepat yang akan menguntungkan Malaysia —yang telah lama bergantung pada teknologi Barat yang mahal— dan efek yang menyertainya dalam bentuk kesepakatan senjata bernilai miliaran dolar.


Secara politis, seorang mantan diplomat Malaysia yang bertugas di Timur Tengah mengatakan Kuala Lumpur Summit (KTT KL) telah menyerang inti mitos yang sudah lama ada yang memaksa para pemimpin Muslim untuk secara terbuka mengikuti garis Riyadh.

"Ini pada dasarnya menghilangkan mitos ini, keyakinan bahwa Riyadh memegang kepemimpinan atas dunia Muslim karena (kerajaan) itu adalah 'khadimul haramain'," kata diplomat senior, yang meminta ditulis anonim, kepada Free Malaysia Today (FMT), Senin (23/12/2019).

Sebutan "khadimul haramain" yang berarti "pelayan dari Dua Kota Suci" telah digunakan oleh raja Saudi berturut-turut, yang menggarisbawahi pentingnya menempatkan kontrol atas Makkah dan Madinah —titik fokus dari ziarah Muslim tahunan yang melihat jutaan orang berbondong-bondong ke dua kota suci itu.

KTT KL diadakan dengan latar belakang kampanye diam-diam Riyadh di antara sekutu-sekutunya, sehingga forum itu tidak dihadiri oleh sebagian besar negara-negara Teluk dan hanya delegasi tingkat rendah yang dikirim oleh penerima bantuan Arab Saudi yang bukan Arab.

FMT, pada pekan lalu mengutip sumber-sumber diplomatik, mengatakan bahwa Arab Saudi marah setelah penolakan Mahathir agar membatalkan KTT KL. Forum ini pada awalnya merupakan upaya bersama oleh Malaysia, Pakistan dan Turki.

Perdana Menteri Pakistan Imran Khan membatalkan perjalanannya untuk menghadiri KTT KL, yang dikonfirmasi oleh sumber-sumber diplomatik bahwa itu dilakukan karena negara Asia Selatan itu telah menerima bantuan miliaran dolar dari Arab Saudi sejak Imran Khan berkuasa tahun lalu

Tiga kepala negara penting yang hadir adalah Presiden Turki Recep Tayyip Erdogan, Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad Al Thani dan Presiden Iran Hassan Rouhani. Seperti diketahui, Iran dan Qatar saat ini sedang bermusuhan dengan Saudi.

Beberapa kalangan pro-Saudi di Malaysia, termasuk mereka yang berasal dari pemerintah sebelumnya, menyebut forum KTT KL yang tak dihadiri banyak negara Muslim adalah KTT yang gagal.

Tapi, pengamat Timur Tengah yang berpengalaman tidak setuju dengan argumen tersebut.

Akademisi Palestina yang berbasis di London, Azzam Tamimi, mengatakan KTT KL menunjukkan bahwa para pemimpin Muslim utama telah memutuskan untuk "mengadopsi kebijakan atau posisi yang lebih harmonis dengan sentimen yang diungkapkan oleh rakyat mereka".

Tamimi, yang mengepalai Alhiwar TV —saluran satelit urusan Arab yang kritis terhadap kebijakan Arab Saudi— mengatakan para pemimpin di KTT KL hampir saja membentuk aliansi yang menentang "koalisi pasukan kontra-revolusioner yang dipimpin Arab Saudi-Uni Emirat Arab di dunia Muslim".

Koalisi yang dimaksud itu adalah pakta militer yang terlibat pemboman terhadap pemberontak Houthi di Yaman untuk mendukung pemerintah Presiden Abd Rabbo Mansour Hadi yang pro-Riyadh.

"Saya mengagumi emir Qatar karena menolak tekanan yang dilakukan pada negaranya yang mungil dari entitas yang jauh lebih besar di Timur Tengah, termasuk Arab Saudi dan Mesir," kata Tamimi kepada FMT.

Sarjana terkemuka Turki, Mustafa Akyol, berbagi pandangan yang sama. Menurutnya, KTT KL mampu memecah narasi anti-Syiah berpanjangan yang diarahkan oleh dunia Sunni terhadap Iran.

"Sektarianisme adalah masalah utama di dunia Muslim saat ini, dan cara yang tepat untuk menanganinya bukan dengan membangun 'blok Sunni' terhadap Iran, seperti yang dipikirkan beberapa orang, tetapi lebih tepatnya tidak memiliki blok sama sekali," kata penulis yang berbasis di Amerika Serikat (AS) tersebut kepada FMT.

Akyol, yang telah mengkritik kebijakan tidak demokratis oleh pemerintah Muslim termasuk Malaysia, juga menyambut pendapat "jujur" Mahathir bahwa umat Islam telah kehilangan rasa hormat di panggung global.

“Izinkan saya menambahkan bahwa inilah tepatnya 'liberal Muslim' yang banyak direndahkan, termasuk diri saya secara rendah hati, menyerukan untuk memikirkan kembali beberapa masalah penting dalam tradisi Islam," paparnya.

“Kami melihat bahwa dengan ajaran agama yang tidak menghormati kebebasan, fanatik dan menindas, kami hanya merusak agama kami dan masyarakat kami,” kata Akyol, yang kuliahnya di Malaysia berakhir secara tiba-tiba dengan penangkapannya oleh Jawi, otoritas Islam di Kuala Lumpur.

Faktor Domestik

Tetapi, KTT KL tidak terlepas dari politik domestik Malaysia yang bising.

Pada satu hal, pilihan penutur lokal —diyakini dipilih sendiri oleh Kantor Perdana Menteri— untuk mengacak-acak "beberapa bulu" di belakang perdebatan sengit tentang apakah Mahathir akan menyerahkan kekuasaan kepada Anwar Ibrahim seperti yang dijanjikan atau tidak.

Beberapa orang melihat konferensi itu telah mengesampingkan Anwar, meskipun usahanya untuk mempertahankan citra Islam-nya dengan tampil di forum-forum Islam di seluruh dunia.

"Ketidakhadirannya sangat menonjol, terutama karena pria yang selalu disebutnya sebagai 'teman dekat', Erdogan, ada di kota ini," kata seorang sumber di Malaysia.

Seorang pendukung, mengutip fakta bahwa Anwar Ibrahim menjadi tuan rumah Erdogan pada jamuan makan malam pribadi sambil melewatkan jamuan pra-puncak yang diselenggarakan oleh Mahathir, menyebutnya sebagai bukti preferensi orang kuat Turki antara pemimpin PKR (Partai Keadilan Rakyat) dan perdana menteri veteran.

Tetapi seorang diplomat Turki menolak teori ini. "Makan malam itu tidak dimaksudkan untuk menteri atau kepala negara. Tidak ada pemimpin negara yang menghadiri makan malam," kata diplomat yang menolak disebutkan namanya kepada FMT.

Orang dalam PKR mengatakan KTT KL "mungkin bukan secangkir teh Anwar". Dia menambahkan bahwa Anwar telah lama mengelilingi dirinya dengan “lobi salafis” yang dikaitkan dengan petro-dolar Saudi.

"Selama beberapa dekade ketika dia berada di pemerintahan, meskipun ini telah berubah, Anwar memilih untuk bergaul dengan pemerintah dan organisasi Teluk untuk menunjukkan bahwa dia adalah orang mereka di Malaysia," kata seorang mantan pejabat Gerakan Pemuda Muslim Malaysia (Abim), organisasi yang didirikan Anwar pada akhir 1970-an.

"Anwar lebih suka berada di pihak yang disebut salafi progresif, terutama di tengah kejatuhan (hubungan) antara Saudi dan Qatar," ujarnya.

Tetapi lebih dari segalanya, kata dia, KTT KL pada dasarnya adalah cara Mahathir untuk membuat "terobosan bersih" dari kebijakan pro-Saudi sebelumnya.

"Dia tidak bisa terus menyerang Barat dan masih memberikan loyalitas kepada pemerintah yang sangat Muslim yang melumasi kekuatan militer Barat," kata mantan diplomat itu, merujuk pada tuan rumah pangkalan militer AS milik Saudi.


Manfaat Ekonomi

Di akhir KTT KL, Mahathir memuji Iran dalam konsesi langka dari pemimpin negara Muslim Sunni.

Sumber-sumber dalam KTT KL mengatakan Mahathir menyadari reaksi keras dari kaum agamawan konservatif, serta petinggi militer yang dilatih Barat.

Tetapi, orang dalam militer, mengatakan kepada FMT bahwa banyak yang telah melewatkan "petunjuk tersembunyi" dalam pidato penutup Mahathir di mana ia merujuk pada tumpukan insinyur Iran.

Dia mengatakan tema-tema seperti persatuan Muslim, Islamophobia dan bahkan dinar emas adalah "hanya hiasan dinding". Dia menambahkan bahwa Mahathir mengejar sesuatu yang lebih besar.

Dia mengatakan Mahathir sadar akan teknologi canggih Iran, sesuatu yang juga diakui Barat dan Israel terhadap Republik Islam itu ketika menuduhnya memiliki ambisi nuklir.

Iran memiliki industri dalam negeri yang dinamis untuk kebutuhan militer dan penerbangannya, dan membanggakan universitas dengan spesialisasinya dalam penelitian teknologi terbanyak, serta lebih dari 30 lembaga sains dan teknologi di seluruh negeri.

"Mahathir menyadari kekuatan ini, dan dia 100 langkah di depan para pemimpin Muslim lainnya dalam mewujudkan potensi manfaat domestiknya," kata orang dalam militer Malaysia.

Dia juga menepis kekhawatiran bahwa "pembicaraan sulit" Mahathir melawan AS akan menjadi bumerang secara ekonomi.

“Secara strategis, AS akan membutuhkan kita tidak peduli apa dalam upayanya untuk melawan China. Inilah sebabnya mengapa ia mensponsori peralatan militer canggih seperti radar pengawasan pantai dan kendaraan udara tak berawak, dengan semua perawatan dan pelatihan ahli disediakan secara gratis," katanya.

“Tapi ini tidak menguntungkan Malaysia secara ekonomi. Jadi Mahathir sebenarnya mencari transfer teknologi yang lebih cepat, sesuatu yang menurutnya tidak akan didapat Malaysia dari Barat. Di sinilah Turki dan Iran masuk," imbuh dia.

Mengomentari hal ini, dia mengatakan Turki, Iran, dan Qatar memiliki kekuatan yang tidak sama dengan bangsa Muslim lainnya.

“Turki memiliki otot diplomatik di dunia Muslim. Bagaimana lagi Anda bisa menjadi tuan rumah kedutaan besar Israel, namun menjadi sangat populer di dunia Muslim?," ujarnya merujuk pada peran Turki

"Qatar, sementara itu, siap untuk membeli lebih banyak sekutu dengan kekayaan luar biasa dan investasi di seluruh dunia," ujarnya.

Zafar Bangash, yang mengepalai lembaga think tank dunia Muslim yang berbasis di Kanada, Institute of Contemporary Islamic Thought, setuju dengan argumen tersebut.

Dia mengatakan keempat negara kunci di KTT KL memiliki kekuatan masing-masing.

“Keempatnya membawa banyak beban baik secara ekonomi (Qatar dan Malaysia), maupun secara militer (Turki dan Iran). Ini telah membangkitkan harapan di kalangan umat Islam bahwa mungkin beberapa negara Muslim melakukan tindakan bersama untuk mengatasi beberapa masalah yang terbakar dengan sungguh-sungguh," katanya kepada FMT.

Ketika debu mengendap pada KTT KL, masih terlalu dini untuk mengatakan bagaimana reaksi Saudi. Tapi untuk saat ini, suasana telah ditetapkan dengan datangnya pasukan yang tidak siap untuk mengambil instruksi dari "khadimul haramain".

1 comment:

Kasamago said...

Malaysia mengambil alih peran Indonesia sebagai Top Leader di kawasan..