Thursday 21 September 2017

Israel Tembak Drone Iran di Perbatasan Suriah

Indonesian Free Press -- Israel dilaporkan telah menembak jatuh sebuah drone buatan Iran yang dioperasikan oleh kelompok Hizbollah. Demikian media Israel Haaretz melaporkan, 19 September.

"Pasukan pertahanan Israel menembah jatuh sebuah drone buatan Iran yang dioperasikan oleh Hezbollah pada hari Selasa (19 September) setelah drone tersebut memasuki wilayah demilitarisasi di perbatasan Israel dan Suriah di Dataran Golan. Israel menembakkan rudal Patriot yang menghancurkan drone itu," demikian tulis laporan itu.

Insiden tersebut terjadi hanya beberapa jam sebelum PM Israel Benjamin Netanyahu berpidato di depan Sidan Umum PBB di New York. Sebagian besar dari isi pidato Netanyahu menyinggung tentang keterlibatan Iran dalam konflik Suriah.


Menurut laporan itu, drone yang dirancang untuk mengumpulkan data inteligen itu telah bisa dijejaki saat meninggalkan Bandara International Damaskus. Kemudian drone itu terbang ke barat-daya menuju Israel. Ketika drone itu memasuki wilayah demilitarisasi, komando Israel pun memutuskan untuk menembaknya. Dilaporkan juga bahwa pesawat-pesawat tempur Israel juga telah diterbangkan untuk mencegat drone itu, namun tidak melakukan penembakan.

Rudal patriot yang digunakan untuk menembak drone tersebut berasal dari pangkalan battere rudal di wilayah Galilee.

"Drone itu jatuh di wilayah Suriah yang dikontrol oleh regim Assad di dekat kota Quneitra," tambah laporan itu.(ca)

No comments: