Saturday, 25 June 2011

PENGADILAN AGAMA YAHUDI HUKUM RAJAM SEEKOR ANJING


Tidak hanya culas dan keji, ajaran yahudi memang sangat aneh dan sulit diterima akal sehat. Misalnya saja ajaran kitab "suci" Talmud mengatakan bahwa kegiatan utama Tuhan adalah membuat hukum, membaca kitab Talmud (kitab ini dibuat oleh para rabbi, bukan kitab yang diturunkan Tuhan), dan bermain dengan ikan paus. Keanehan ini juga terjadi dengan peristiwa ini: pengadilan agama yahudi di Jerussalem baru-baru ini menghukum rajam (dilempari dengan batu hingga tewas) seekor anjing liar dengan tuduhan menjadi reinkarnasi seorang pengacara sekuler yahudi yang telah menghina para hakim agama yahudi 20 tahun yang lalu.

Beberapa minggu lalu, demikian tulis situs internet Behadrei Hadarim, seekor anjing liar besar memasuki ruangan paling sakral pengadilan agama yahudi di dekat perkampungan kaum yahudi orthodok di Mea Shearim. Kehadiran anjing itu membuat takut para pengunjung pengadilan agama dan secara aneh menolak pergi meski telah diusir dengan berbagai cara.

Tiba-tiba saja seorang hakim agama teringat peristiwa 20 tahun lalu dimana seorang pengacara sekuler yahudi yang cukup terkenal telah menghina pangadilan agama sehingga dikutuk oleh para hakim agama menjadi seekor anjing. Pengacara itu meninggal beberapa tahun kemudian.

Masih marah dengan tingkah pangacara sekuler tersebut, salah seorang hakim menjatuhkan hukuman rajam terhadap si anjing. Eksekusi dilakukan oleh anak-anak yang tinggal di sekitar pengadilan, namun gagal dilakukan setelah si anjing berhasil kabur.

Kepala pangadilan Rabbi Avraham Dov Levin membantah kabar "miring" tersebut, namun salah seorang pengurus pengadilan membenarkan berita tersebut dan mengabarkannya ke media massa besar Israel, Yedioth Ahronoth.

Seorang anggota dewan kota Jerussalem dan aktifis sosial Rachel Azaria telah mengirimkan surat kepada jaksa agung Israel untuk melakukan tindakan hukum terhadap pihak-pihak yang terlibat dalam hukum rajam tersebut. LSM "Let the Animals Live" juga telah mengajukan komplain kepada polisi atas terjadinya peristiwa tersebut.


Ref:
"Rabbis Sentence Dog To Death"; Akiva Novick; Ynet; 16 Juni 2011.

"Jewish court sentences dog to death by stoning"; AFP; 18 Juni 2011.

1 comment:

Galeri Foto Universitas Islam Indonesia said...

Artikel yang menarik..
Salam dari sahabat di Jogja...^_^

Universitas Islam Indonesia
http://uii.ac.id/