Sunday 5 June 2011

TERBUKA KEDOKNYA, PM INGGRIS MUNDUR


Beberapa waktu lalu terbongkar kedok menlu Inggris David Milliband sebagai anggota yayasan sebuah organisasi zionis, setelah nama dan fotonya muncul di situs organisasi tersebut namun kemudian dihapus setelah menjadi perguncingan di dunia maya. Kini kabar lebih heboh beredar di Inggris: PM David Cameron menjadi anggota Dewan Penyantun yayasan zionis ekstrim Jewish National Fund (JNF). Karena tekanan publik, Cameron akhirnya mengundurkan diri dari organisasi tersebut.

JNF awalnya adalah organisasi yang dibentuk untuk menjadi penyandang dana gerakan zionis dengan misi membeli tanah-tanah milik rakyat Palestina untuk kemudian dialihkan kepada orang-orang yahudi sebelum terbentuknya negara Israel tahun 1948. Selain dengan cara legal tersebut, orang-orang yahudi juga menggunakan cara-cara teror, terlebih setelah orang-orang Palestina menyadari adanya gerakan zionisme yang hendak membentuk negara Israel di Palestina. Sejak proklamasi negara Israel organisasi ini berubah menjadi organisasi zionis internasional dengan misi utama melakukan penghijauan di wilayah Palestina yang dirampas dari penduduk asli Palestina.

Sofiah Macleod dari organisasi "Stop the JNF Campaign" yang berbasis di Inggris mengatakan kepada surat kabar "Guardian" bahwa organisasi merekalah yang telah melakukan tekanan kepada Cameron untuk mengundurkan diri.

"Terdapat perubahan pandangan masyarakat Inggris dan kekhawatiran terhadap perilaku Israel dan ada tekanan khusus kepada Cameron untuk mundur dari JNF,“ kata Sofiah.

Secara tradisi para pemimpin ketiga partai politik terbesar Inggris adalah anggota JNF. Namun dengan mundurnya Cameron, kini tak satupun dari pemimpin tersebut menjadi anggota JNF.

"Palestine Solidarity Campaign", organisasi pendukung hak-hak Palestina menyambut baik keputusan Cameron. "Ini menjadi sebuah fakta bahwa tidak boleh bagi para pemimpin partai yang serius untuk memberikan dukungan pada rasisme," kata Sarah Colborne, direktur kampanye organisasi ini.

Hingga saat ini belum ada komentar dari JNF tentang pengunduran diri Cameron.


REF:
thetruthseeker.co.uk; 31 Mei 2011

No comments: