Tuesday 13 March 2012

BETON PINTAR IRAN UNTUK BOM PINTAR AMERIKA


Di tengah gencarnya pemberitaan tentang bom pintar Amerika yang konon mampu menghancurkan semua bunker beton bawah tanah yang dibuat Iran, diam-diam Iran mengembangkan "beton pintar" untuk mengatasi ancaman tersebut.

Sebuah artikel di situs "Aggravate Research" milik Aggravate Industries, Iran, sebagaimana dikutip oleh situs "Press TV" tgl 12 Maret lalu menyebutkan tentang pengembangan material “ultra-high performance concrete” (UHPC) atau beton super kuat yang merupakan salah satu material paling keras di dunia.

Menurut sumber tersebut UHPC kini telah menjadi perhatian serius Amerika sebagaimana program pengembangan nuklir Iran. Dan sebagaimana teknologi nuklir, pembuatan UHPC membutuhkan teknologi yang sangat maju.

"Berbeda dengan beton biasa, beton buatan Iran dicampur dengan bubuk "quartz" dan serat khusus yang mengubahnya menjadi beton super kuat yang tahan terhadap tekanan tinggi," tulis laporan tersebut.

Dengan teknologi ini beton buatan Iran merupakan material canggih yang berguna bagi kemajuan peradaban yang dengannya berbagai bangunan konstruksi besar seperti jembatan, dam, terowongan, saluran pembuangan bisa dibuat lebih kuat dan tahan lama. Terlebih lagi material baru ini juga memiliki sifat menyerap polusi. Dan laporan tersebut tentu saja juga menyebutkan aplikasi teknologi ini bagi fasilitas-fasilitas nuklir Iran yang kini menghadapi ancaman serangan Amerika dan Israel.

Menurut laporan tersebut menhan Amerika Leon Panetta baru-baru ini menyatakan kekhawatirannya terhadap kemungkinan terjadinya konflik militer dengan Iran dimana bom-bom pintar Amerika tidak bisa menghancurkan fasilitas-fasilitas nuklir Iran yang berada di bawah tanah. Hal itu, demikian menurut laporan tersebut, karena Panetta sudah mengetahui bahwa Iran telah melindungi fasilitas-fasilitas nuklir bawah tanahnya dengan UHPC. Dalam wawancaranya dengan "The Wall Street Journal" tgl 26 Januari Panetta mengumumkan bahwa pengembangan masih harus dilakukan untuk meningkatkan daya hancur bom pintar Amerika.

Bom pintar yang dimaksud adalah bom penghancur bunker yang dikenal dengan nama Massive Ordnance Penetrator (MOP) seberat 30.000 pon atau sekitar 15 ton. Menurut "Wall Street Journal" beberapa tes yang dilakukan menunjukkan bom-bom tersebut tidak bisa menghancurkan semua fasilitas nuklir Iran.”



REF:
"Iran ‘smart concrete’ to protect N-sites from US bunker busters"; Press TV – March 12, 2012

No comments: