Wednesday 6 April 2016

Rusia akan Bentuk Satuan Garda Nasional Berkekuatan 430.000 Personil

Indonesian Free Press -- Presiden Rusia Vladimir Putin, hari Selasa kemarin (5/4) mengumumkan rencana pembentukan pasukan Garda Nasional yang akan bertugas menangani masalah terorisme, kejahatan terorganisir dan menjaga ketertiban sosial.

Seperti dilaporkan Sputnik News, Rabu (6/4), pengumuman itu disampaikan Putin dalam pertemuan dengan para pejabat keamanan Rusia. Satuan paramiliter baru ini dibentuk di luar Kementrian Dalam Negeri yang juga memiliki pasukan serupa, Internal Troops, namun keduanya akan bekerjasama dengan erat. Kementrian Dalam Negeri juga membawahi kepolisian.

Tugas Garda Nasional, sebut Putin, mencakup tugas-tugas yang pernah diemban oleh unit OMON dan SOBR, pasukan khusus gerak cepat yang tugasnya menjaga ketertiban sosial dan membantu polisi menangani situasi darurat. Namun, tugas khusus Garda Nasional mencakup juga menangani masalah terorisme, menjaga fasilitas-fasilitas vital dan mencegah konflik bersenjata institusi-institusi bersenjata domestik. Satuan ini juga bertanggujawab menjaga keamanan perbatasan.

Reorganisasi keamanan ini, tulis Sputnik News mengutip keterangan sejumlah pakar, akan sangat signifikan mengingat jumlah kekuatan satuan ini. Internal Troops sendiri saat ini berjumlah 200.000 personil dengan peralatan layaknya tentara reguler bahkan memiliki pesawat terbang dan kapal, selain kendaraan lapis baja. Garda Nasional yang akan dibentuk berkekuatan 430.000 personil.(ca)

1 comment:

Kasamago said...

Jumlah sgitu sdh seperti kekuatan tentara reguler. Sptiny tntara reguler Rusia akn d fokuskan mnghadapi ancam di luar negeri