Thursday 30 June 2011

IRAN GELAR LATIHAN PERANG RUDAL TERBESAR


Iran menggelar latihan perang rudal terbesar yang diberi sandi "Great Prophet 6 Manouver". Dalam latihan tersebut diluncurkan rudal-rudal terbaru Iran, seperti Zelzal, Shahab1, Shahab2, and Shahab3. Namun yang yang paling mengejutkan adalah suksesnya Iran meluncurkan rudal dari silo (sistem peluncur rudal di bawah tanah) buatan sendiri.

Jubir militer Iran dalam latihan tersebut, Kolonel Qalij Khani mengatakan kepada pers bahwa, "silo-silo buatan sendiri yang baru pertama kali digunakan memiliki keakurasian dan kecanggihan tinggi, dan kini telah ditempatkan di berbagai wilayah Iran.”

Menurut laporan reporter Almanar: "selama hari pertama latihan yang dilakukan Senin (27/6), rudal-rudal balistik jarak jauh ditembakkan. Para pemimpin militer Iran meyakinkan bahwa terowongan dan peluncur bawah tanah telah dibuat secara meluas. Mereka juga meyakinkan bahwa rudal-rudal itu ditempatkan di silo-silo yang tidak terdeteksi satelit lawan."

Kepada Almanar komandan unit udara pasukan Pengawal Revolusi, Jendral Amir Ali Hajizadeh, mengatakan bahwa strategi perang Iran termasuk rencana serangan mengingat bahwa, "serangan terkadang bisa menjadi pertahanan terbaik."

Kolonel Qalij menambahkan bahwa Iran telah menggunakan silo sebagai peluncur rudal selama 15 tahun dan silo-silo terbaru buatan Iran bisa dikendalikan secara terpusat dari tempat yang jauh dari peluncuran. Silo-silo tersebut merupakan bagian dari unit reaksi cepat brigade rudal Tentara Pengawal Republik. Di dalam silo-silo tersebut rudal-rudal disimpan secara tegak dan siap ditembakkan ke sasaran yang telah ditetapkan.

Menurut seorang pejabat militer Iran yang tidak bersedia disebut namanya, teknologi silo yang dimiliki Iran hanya dimiliki oleh sedikit negara. Teknologi ini "tidak kurang canggih dibanding teknologi rudalnya sendiri," katanya.

Israel telah menuduh Iran memiliki teknologi silo tersebut berkat bantuan Korea Utara, tuduhan yang ditolak Iran.

Teknologi baru Iran ini semakin menyulitkan Amerika dan Israel atas opsi serangan terhadap Iran dengan pertimbangan Iran bisa bereaksi lebih cepat atas setiap serangan terhadap mereka dan lebih sulit untuk dilumpuhkan kekuatannya.


Ref:
"Iran Executes 2nd Stage of Great Prophet 6 Maneuver"; almanar.com.lb; 28 Juni 2011

"Iran Unveils Underground Missile Silos"; News Brief – June 27, 2011; dalam thetruthseeker.co.uk; 28 Juni 2011

No comments: