Tuesday 31 December 2013

IRAN PERINGATI KEKALAHAN PLOT INTERNASIONAL 30 DES 2009

Pada tahun 2009 lalu dunia menyaksikan serangkaian aksi-aksi kerusuhan di Iran yang disebut-sebut oleh media massa internasional disebabkan oleh pemilihan umum yang curang. Berlangsung selama berbulan-bulan dan telah memakan korban belasan jiwa, peristiwa yang terbukti kemudian sebagai hasil kerjaan konspirasi asing tersebut berhasil dihentikan oleh satu peristiwa dramatis, yaitu apa yang bisa disebut sebagai "Hari Patriot" atau "Hari Pengertian".

Pawai tgl 30 Desember 2009 yang diikuti oleh jutaan rakyat Iran di berbagai penjuru kota itu menyatakan dukungannya terhadap hasil pemilu 2009 dan dengan telak menghancurkan klaim para perusuh sebagai representasi rakyat Iran yang sebenarnya. Atas kemenangan rakyat Iran atas konspirasi asing tersebut, setiap tgl 30 Desember rakyat Iran selalu memperingatinya.

Pada hari kemenangan tahun ini, Senin (30/12), ribuan orang berkumpul di Masjid Agung Teheran, mendengarkan kotbah yang diberikan oleh Imam Masjid Kazem Sediqqi tentang "Hari Pengertian".

“Rakyat Iran telah mengirimkan pesan kepada dunia bahwa mereka selalu berdiri di belakang pemimpin mereka dan tidak akan membiarkan negeri mereka menjadi korban skenario asing," kata seorang wanita yang turut dalam peringatan hari kemenangan tersebut.

"Pada hari itu (30 Desember 2009) 2 prinsip dalam ke-Islam-an tampak jelas, pertama adalah keberadaan Tuhan dan satunya adalah dukungan rakyat. Untunglah kedua faktor itu berhasil menghentikan perpecahan. Pada hari itu banyak di antara mereka yang telah terlibat kerusuhan akhirnya mengakui bahwa mereka telah telah berbuat kekeliruan," kata Ayatollah M. Qaemmaqami.
  
Sementara itu terkait dengan "Hari Pengertian" tersebut, dalam pertemuan kabinet yang digelar hari Minggu (29/12), Presiden Iran mengatakan bahwa para hari itu rakyat bereaksi setelah menyadari bahwa negara dan agama mereka telah dilecehkan oleh kekuatan-kekuatan asing dan kaki tangannya di dalam negeri Iran.

Menurut Rouhani, "Hari Pengertian" telah menunjukkan kepada dunia bahwa rakyat Iran sangat menghormati kesucian Revolusi Islam Iran.



REF:
"Iranians mark epic December 30, 2009 anti-sedition rallies"; Press TV; 30 Desember 2013
"Rouhani hails Iran steadfastness in Islamic values"; Press TV; 30 Desember 2013