Saturday 27 August 2016

Media Iran dan Rusia Sebut Suriah Tembak Jatuh Jet Israel

Indonesian Free Press -- Media Iran FARS News dan media Rusia Sputnik News melaporkan penembakan jatuh pesawat tempur Israel oleh militer Suriah.

FARS News melaporkan, Sabtu (20 Agustus), insiden penembakan itu terjadi hari Jumat (19 Agustus) di Al-Quneitra, Suriah selatan. Pesawat Israel itu ditembak saat tengah melakukan aksi militer di wilayah udara Suriah dengan menyerang pangkalan militer Suriah di Khan Al-Shei, Provinsi Damaskus dan di Al-Quneitra. Sebelumnya pada hari yang sama Israel juga menyerang Dataran Golan.

Pangkalan militer Suriah yang diserang Israel itu tengah dalam pengepungan pemberontak dari kelompok Ajnad al-Sham dan Jeish al-Islam.

Tidak ada keterangan lebih rinci tentang jenis pesawat yang ditembak tersebut dan nasib pilot Israel serta pesawatnya. Hanya disebutkan pesawat itu menerobos wilayah Suriah melalui Dataran Golan pada Kamis malam (18 Agustus).

Laporan itu juga tidak menyebutkan jenis rudal yang berhasil menjatuhkan pesawat Israel itu. Laporan hanya menyebutkan kemungkinan rudal itu adalah SAM-5 yang ditempatkan di pangkalan militer Divisi 150 Suriah di Suweida. Juga tidak disebutkan pernyataan otoritas Suriah dan Israel tentang insiden ini.

Laporan ini diulang oleh Sputnik News dua hari kemudian (Senin 22 Agustus). Veterans Today juga memberitakan insiden ini hari ini (27 Agustus).(ca)

1 comment:

Kasamago said...

Pelanggar kedaulatan mmng sdh seharusnya di enyahkan..