Monday 19 January 2009

YAHUDI BERTENGKAR, KECULASAN TERBONGKAR


Ketua perkumpulan Yahudi kota Roma (Jewish Community of Rome) Riccardo Pacifici baru-baru ini terlibat perseteruan dengan Shimon Fargion, politisi sayap kanan Italia berdarah Yahudi. Perseteruan tersebut akhirnya menguak keculasan orang-orang Yahudi ke permukaan.

Ceritanya begini. Beberapa hari setelah terjadi peperangan di Gaza Pacifici menyatakan bahwa Persatuan Yahudi Italia (Union of Italian Jewish Communities) akan menyumbangkan obat-obatan senilai 300,000 Euro kepada korban konflik di Gaza. Rinciannya adalah sebanyak 200,000 Euro untuk korban perang di pihak Palestina dan sisanya 100.000 Euro untuk korban perang di pihak Israel.

Pernyataan tersebut mendapat perhatian luas media massa termasuk pujian dari pemerintah Italia.

Namun demikian, hal tersebut mengundang kecaman dari Shimon Fargion yang keberatan sebagian dari sumbangan itu ditujukan untuk rakyat Palestina.

Riccardo Pacifici menjawab kecaman itu melalui sebuah milis milik komunitas Yahudi Italia. Jawaban pertama adalah pernyataan bahwa ia (Pacifici) mendukung penuh aksi penyerbuan Israel atas Gaza. Jawaban kedua adalah bahwa progam yang ia (Pasifici) merupakan kerjasama dengan para pejabat tertinggi Israel dan pelaksanaannya berkoordinasi dengan Dubes Israel untuk Italia.

"Saya yakinkah Anda bahwa keputusan untuk memberikan sumbangan kepada korban perang Gaza hanyalah untuk keperluan publisitas belaka yang akan mulai dilaksanakan Senin (5 Januari) di media-media massa untuk mendukung Israel," kata Pacifici.

Pacifici juga menginformasikan bahwa pada tgl 10 Januari akan diadakan event besar yang dihadiri oleh 1.500 public figure Italia dan Dubes Israel di Italia. Dalam event tersebut akan disosialisasikan alasan-alasan penyerbuan Israel ke Gaza.

Menuruf Pacifici Yahudi Italia tidak akan mengeluarkan satu Euro pun untuk sumbangan tersebut yang semuanya adalah sumbangan organisasi-organisasi Yahudi luar negeri. Selain itu semua sumbangan tidak akan dikirimkan ke Gaza kecuali atas persetujuan Israel.

Kemudian di akhir e-mailnya Pacifici menulis: "Tuan keras kepala... berikan alamat Anda hingga saya bisa datang dan menendang pantat Anda keras-keras."

Dasar Yahudi tak tahu aturan. Komunikasi tersebut dibocorkan oleh teman-teman Yahudi sendiri (biasanya demi uang) sehingga keculasan Yahudi Italia pun terbongkar.

Tampaknya sentimen anti-Yahudi di Italia yang pernah terjadi di masa lalu, termasuk menjadi dasar munculnya gerakan fasisme Italia di bawah pimpinan Benito Mussolini, akan segera muncul kembali.

Keterangan gambar: Riccardo Pacifici (kiri) bersama Walikota Roma di depan sebuah synagoge (tempat ibadah Yahudi).

1 comment:

rizky-amroe said...

blog anda sesuai selera saya...
boleh tau sumber informasinya dr mana aja?