Sunday 2 February 2020

Yaman Klaim Hancurkan Ribuan Tentara Bayaran Saudi yang Hendak Serang Sanaa

Indonesian Free Press -- Tentara Yaman mengklaim berhasil menawan dan menewaskan ribuan tentara bayaran yang hendak menyerang ibukota Sanaa. Selain itu Yaman juga berhasil membebaskan kota Naham dan sebagian wilayah Al-Jawf dan Marib yang sebelumnya dikuasai tentara bayaran Saudi.

Seperti dilaporkan Press TV, Sabtu (1 Jan), Jubir Tentara Yaman Jendral Yahya Sarea mengumumkan keberhasilan operasi militer “Compact Structure” yang ditujukan untuk menggagalkan rencana serangan besar-besaran koalisi pimpinan Saudi Arabia ke kota Sanaa dengan menggunakan tentara bayaran asing. 


Seperti diketahui, untuk menghindarkan korban yang besar di pihak militer Saudi Arabia dan koalisinya, Saudi dan koalisi menggunakan banyak tentara bayaran dalam kampanye militernya di Yaman. Sebagian besar tentara bayaran itu berasal dari Afrika dan Amerika Latin yang dilatih oleh Amerika dan Israeal.

Menurut Jendral Yahya Sarea operasi “Compact Structure” berhasil menghancurkan konsentrasi tentara bayaran di kota Naham dan sekaligus membebaskan kota tersebut. Jendral Yahya Sarea mengklaim pasukannya berhasil menangkap 1.500 tentara bayaran dan membunuh 3.500 lainnya. Operasi ini juga berhasil merebut kembali wilayah seluas 2.500 kilometer persegi, termasuk kota Naham dan sebagian Al-Jawf serta Marib 

Selain itu tentara Yaman juga berhasil merebut dan menghancurkan sejumlah besar peralatan dan persenjataan musuh. Selain itu tentara Yaman juga telah menembakkan roket-roket ke bandara dan fasilitas militer musuh di Jizan, Najran, Abha, Khamis Msheit dan Aramco.(ca)

No comments: