Thursday 27 January 2011

Islandia Tangkapi Para Bankir Hitam


Berbeda dengan kejahatan keuangan Skandal Bank Century di Indonesia ataupun penanganan krisis keuangan di Amerika, di mana para bankir hitam pelaku kejahatan keuangan dan para pelaku kejahatan lainnya justru mendapat keuntungan ganda berupa pencucian uang kejahatan dengan kedok talangan atau bailout, para bankir hitam Islandia yang telah mengakibatkan krisis ekonomi beberapa waktu lalu, kini menjadi buronan.

Penyidik khusus kasus kejahatan perbankan yang telah menimbulkan krisis keuangan Islandia, hari Sabtu (21/1) mengkonfirmasi telah menangkap beberapa eksekutif bank yang diduga telah melakukan praktik kejahatan perbankan yang berdampak sistemik terhadap perekonomian Islandia. Para bankir tersebut di antaranya adalah para pejabat bank sentral yang kini menjadi sentral penyidikan kasus tersebut.

Penyidik khusus kasus tersebut, Olafur Thor Hauksson mengatakan pada wartawan, Sabtu (21/1) pihaknya telah melakukan penggeledahan setidaknya di tiga tempat, yaitu bank sentral, MP Bank dan Straumur Bank yang kini berubah nama menjadi ALMC.

Jubir bank sentral Islandia, Stefan Johann Stefansson telah mengkonfirmasi hal tersebut, demikian juga pejabat berwenang MP Bank dan ALMC. Jubir ALMC menyatakan pihaknya akan bekerjasama dengan penyidik dan memberikan bantuan yang diperlukan.

Sementara itu beredar berita tentang penangkapan terhadap empat tersangka kejahatan perbankan terakit lainnya di satu bank lainnya, Landsbanki. Salah satu pejabat yang ditangkap tersebut adalah Jon Thorsteinn Oddleifsson, mantan boss Landsbanki.

Menurut sumber-sumber media terpercaya, penangkapan-penangkapan tersebut merupakan perkembangan baru yang tidak terkait dengan penangkapan-penangkapan tersangka kejahatan perbankan yang dilakukan penyidik pekan sebelumnya.



Ref: "More Icelandic Bankers Arrested"; Ice News; truthseeker.co.uk; 22 Januar1 2011

No comments: