Saturday 23 July 2011

ULAMA AL AZHAR DR AHMAD THAYEB: ISLAM BANGGA DENGAN NASRALLAH


Ulama terkenal dan rektor Universitas Al Azhar DR Ahmad Tayeb mengatakan, Jumat (14/7), bahwa umat Islam telah dibuat bangga dengan keberadaan pimpinan Hizbollah, Sayyed Hassan Nasrallah.

Berbicara di hadapan para wartawan senior dan politisi yang tergabung dalam Gerakan Nasserite Tayeb mengatakan bahwa Nasrallan dan para pengikutnya dari gerakan Hizbollah telah memberi banyak pelajaran tak terlupakan kepada Israel.

Tayeb menambahkan bahwa mantan diktator Mesir tersingkir, Husni Mubarrak telah berulangkali menekannya untuk mengeluarkan fatwa yang menentang keberadaan mazhab Shiah secara umum dan Hizbollah secara khusus. Namun ia menolak.

Menurut Thayeb tekanan tersebut demikian kuatnya sehingga berubah menjadi ancaman. Namun ia tetap menolaknya dan menganggap fatwa semacam itu tidak dibenarkan karena
berlandaskan motif politik belaka.

DR Ahmad Tayeb telah berulangkali menyuarakan pendapat yang pro-Shiah di tengah-tengah keberadaanya sebagai pemimpin lembaga pendidikan Sunni terkemuka di seluruh dunia, Universitas Al Azhar. Beberapa waktu lalu ia mengatakan bahwa perbedaan antara Shiah dan Sunni hanya masalah "kepemimpinan ummat" dan mengecam orang-orang yang mengkhafirkan Shiah.

Namun di antara ulama Al Azhar Tayeb bukanlah yang pertama "membela" faham Shiah. Al Azhar sendiri didirikan oleh dinasti Fathimiah yang berfaham Shiah, berasal dari nama Az-zahra, nama putri kandung Nabi Muhammad S.A.W.W.



Sumber: almanar.com.uk; 15 Juli 2011.

No comments: