Tuesday, 22 January 2013

IRAN EKSPORTIR BBM TERBESAR DI DUNIA

Iran mengklaim sebagai eksportir bahan bakar minyak (BBM) terbesar di dunia dengan tingkat penjualan mencapai 16 juta liter per-hari. Klaim ini menjadikan sanksi yang diterapkan Amerika dan Uni Eropa terhadap Iran tampak seperti tidak berarti.

Managing Director National Iranian Oil Products Distribution Company (NIOPDC) Mostafa Kashkouli mengatakan hari Selasa lalu  (15/1) bahwa Iran telah mengekspor 16.6 juta liter BBM per-hari  selama tahun anggaran berjalan Iran (Maret 2012 sampai Februari 2013). Angka tersebut, klaim Mostafa, merupakan yang tertinggi di dunia, dan membuktikan bahwa produksi BBM Iran telah memenuhi standar internasional.

Menurut keterangan tambahan sebanyak 5 juta liter BBM yang diekspor Iran adalah melalui kawasan Teluk Parsia dan Selat Hormuz.

Sejak awal tahun 2012 lalu Amerika dan Uni Eropa telah menerapkan saksi keras terhadap sektor keuangan dan perminyakan Iran karena tuduhan program senjata nuklir Iran. Sanksi tersebut melarang semua negara untuk tidak melakukan pembelian minyak Iran dan melarang perusahaan-perusahaan asuransi memberikan perlindungan kepada kapal-kapal pengangkut minyak Iran. Pada bulan Agustus 2012 Congress Amerika bahkan menyetujui penerapan embargo terhadap semua kegiatan keuangan yang terlibat dalam perdagangan minyak Iran.

Iran menolak semua tuduhan tentang program senjata nuklir yang dilakukannya dan mengklaim bahwa semua inspeksi yang dilakukan
International Atomic Energy Agency tidak pernah bisa membuktikan tuduhan tersebut.



REF:
"Iran biggest exporter of fuel oil in the world: Official"; Press TV; 15 Januari 2013

1 comment:

Deny Dewan said...

Tanda2 kegilaan dan frustrasi yg berat...penjual di larang menjual barangnya,dan pembeli dilarang membeli walau butuh..lama2 kita dilarang makan selain roti dan kfc..ha.ha.ha..aturan negara yg mulai gila yg mengira hanya dia negara di dunia dan yg lain hanya numpang..memang dari sikap kalian menggambarkan bahwa kalian sungguh bingung menghadapi iran,sampai2 kegilaan kalian keluar tampah kalian sadari..dan yg pasti gila akan kalah telak berhadapan dengan yg waras..itu pasti !!!