Wednesday 23 May 2018

Israel Sesumbar Gunakan Pesawat Siluman F-35 untuk Misi Militer

Indonesian Free Press -- Israel mendeklarasikan sebagai negara pertama yang menggunakan pesawat siluman F-35 dalam operasi militer. Pesawat-pesawat tersebut diklaim telah terbang ke seluruh penjuru Timur Tengah.

"Kami menerbangkan pesawat-pesawat F-35 ini ke seluruh penjuru Timur Tengah dan telah melakukan serangan pada dua front yang berbeda," kata Mayjend Amikam Norkin, Kastaf AU Israel, sebagaimana dikutip sejumlah media Israel kemarin (22 Mei).

F-35 adalah pesawat generasi terakhir buatan Amerika. Selain Israel dan Amerika, INggris adalah negara yang memiliki pesawat-pesawat ini. Namun, karena kendala teknis yang belum terpecahkan, baik Amerika maupun Inggris belum secara resmi menggunakannya dalam operasi militer.


Norkin membuat pernyataan tersebut dalam konperensi para pejabat tinggi Angkatan Udara Israel di Herzilya. Dalam kesempatan itu ia memperlihatkan sebuah F-35 yang tengah terbang di atas ibukota Lebanon, Beirut. Ia juga mengklaim lebih dari 100 rudal anti-pesawat telah ditembakkan ke pesawat-pesawat Israel dalam serangan udara ke Suriah pada 10 Mei lalu, semua pesawat tersebut kembali dengan selamat.

Dalam insiden terakhir ini Israel melakukan serangan terhadap sejumlah sasaran di Suriah yang diklaim Israel sebagai milik Iran. Ini dilakukan sebagai respon atas serangan rudal oleh Iran ke wilayah Dataran Golan yang diduduki Israel.(ca)

1 comment:

Kasamago said...

F35 sudah menjadi burung paling menjengkelkan di kawasan.. solusinya, rudal anti pesawat