Thursday 17 January 2013

IRAN SEGERA LUNCURKAN TANK MODERN

Rakyat Indonesia boleh berbangga karena sebentar lagi akan memiliki main battle tank (MBT), yaitu tank dengan daya gempur hebat yang selama ini belum pernah dimiliki Indonesia yang mengandalkan tank-tank ringan. Namun rakyat Iran tentu lebih berhak untuk berbangga karena negaranya juga bakal diperkuat dengan MBT yang tidak saja handal, namun juga karena tank-tank itu dibuat oleh rakyat Iran sendiri. Berbeda dengan MBT Indonesia yang diimpor dari Eropa.

Komandan angkatan darat Iran Brigjen Ahmad Reza Pourdastan baru-baru ini mengumumkan kesiapan Iran meluncurkan tank modern buatan domestik. Tank tersebut rencananya akan dipamerkan dalam peringatan ulangtahun Revolusi Iran yang akan jatuh pada bulan Februari mendatang. Nama tank tersebut adalah Zolfaqar, diambil dari nama pedang pahlawan Islam saudara Rosulullah Muhammmad, Ali bin Abu Thalib.

Dalam keterangannya kepada pers, Selasa (15/1), Pourdastan mengatakan bahwa tank tersebut akan segera diproduksi massal setelah mendapat persetujuan Kastaf Umum tentara Iran.

"Sistem pengendali tembakan dan stabiliser tank ini telah ditingkatkan dan kita akan menyaksikan peluncurannya dalam 2 minggu mendatang. Tank ini telah dibandingkan dengan salah satu tank paling modern negara timur (mungkin maksudnya tank modern Israel, Merkava) dan Zolfaqar memiliki banyak keunggulan," kata Pourdastan.

Pourdastan menyebutkan bahwa peluncuran Zolfaqar merupakan bentuk langkah Iran menjaga keunggulan militer terhadap musuh-musuh Iran di kawasan maupun luar kawasan.

"Kami telah menganalisa Perang Teluk dan Perang Afghanistan sebagaimana juga perang-perang lainnya dalam jangka waktu yang cukup lama, dan kami juga telah mengantisipasi musuh-musuh luar kawasan. Sebagai hasilnya kami telah mengembangkan senjata pertahanan yang dibutuhkan dan kami dengan yakin akan menjawab semua tantangan musuh," tambah Pourdastan.

Menurut Pourdastan, Zolfaqar merupakan bagian dari kesiapan sistem pertahanan Iran untuk beraksi setiap saat menghadapi serangan musuh, yang telah dilengkapi dengan berbagai penguatan termasuk penempatan rudal-rudal permukaan ke permukaan.

Dalam beberapa tahun terakhir Iran telah mencapai berbagai kemajuan yang signifikan untuk mencukupi kebutuhan pertahanannya. Iran juga sudah menjamin bahwa kemajuan militernya tidak ditujukan untuk mengancam negara lain.


 
MENJAGA KESEIMBANGAN KEKUATAN

Sementara itu seorang politisi senior Pakistan dari partai Pakistan People's Party (PPP) mengatakan bahwa Iranlah saut-satunya kekuatan yang bisa menjaga keseimbangan di kawasan Timur Tengah.

Menurut Zafar Ali Shah dalam wawancaranya dengan kantor berita Iran IRNA baru-baru ini bahwa hanya Iran yang memiliki kemampuan untuk menggagalkan semua skenario dan plot yang dilancarkan negara-negara barat di kawasan. Hal inilah yang membuat Israel dan sekutu-sekutu baratnya ketakutan dengan kemajuan Iran, terlebih lagi terhadap kemampuan nuklir Iran.

Menyebut peran Iran sebagai sangat penting, Ali Shah menyerukan negara-negara di Timur Tengah untuk membentuk blok-Islam guna menghadapi rencana jahat Israel.



REF:
"Iran to unveil optimized tank on revolution anniversary"; almanar.com; 15 Januari 2013
"Iran able to maintain power balance in region: Pak senator"; almanar.com; 12 Januari 2013

3 comments:

tomihadia said...

ayo pt pindad buat kan tank 70 ton besar dan pajang yang bisa di air semperti amvibi roda rantai dan kuat gempuran rudal nuklier

harjo.surya said...

pindad pasti bisa buat tank yang canggih...cuma kemauan para pemimpin negeri ini saja yg menca-mencle

aMs 3 carakan said...

satu kata buat iran "HEBAT".

indonesia seharusnya bekerja sama di bidang pertahan dgn iran,yg sama2 mayoritas islam.bukan dgn negara2 barat yg memberikan banyak persyaratan,tapi TOT yg di berikan hanya sedikit.