Thursday 23 April 2020

Pakar Terkemuka Inggris Akui Kebijakan Lockdown Salah

Indonesian Free Press -- Telah lama media-media independen 
dan ahli-ahli yang berfkiran rasional menganggap kebijakan-kebijakan 'kejam' di negara-negara di dunia untuk menangani 
wabah covid 19 tidak dilandasi oleh ilmu pengetahuan, melainkan semata-mata langkah politik yang hanya menciptakan kepanikan massal yang menghancurkan semua tatanan. Namun demikian kebenaran tidak mungkin bisa dibungkam selamanya. Satu demi satu bukti kebenaran muncul ke hadapan publik.

'Otoritas' dan media massa di berbagai negara kini tengah bekerja keras untuk terus membuat publik panik di tengah-tengah kecenderungan global wabah covid 19 yang melemah sesuai hukum alam. Di Indonesia misalnya, pejabat-pejabat daerah justru berlomba-lomba untuk menerapkan PSBB, Ikatan Dokter Indonesia 'meributkan' jumlah kematian covid 19 versi pemerintah yang dianggap terlalu kecil namun tanpa bisa menyampaikan data yang valid, media-media yang sibuk mengoceh tentang 'serangan kedua' dan 'infeksi baru' serta oknum-oknum ulama MUI yang mengeluarkan fatwa sendiri tentang larangan sholat tarawih dan mudik. Namun pada saat bersamaan pula bukti-bukti bermunculan tentang adanya konspirasi busuk dalam pandemi covid 19 ini. Dan ini adalah salah satunya.


Seperti dikutip dari 21st Century Wire tanggal 20 April lalu seorang pejabat penting kementrian kesehatan Inggris mengakui bahwa pemerintah Inggris telah melakukan langkah yang berlebihan dalam penangangan covid 19. Carl Heneghan, Direktur Centre for Evidence-Based Medicine dan Profesor di University of Oxford, mengungkapkan bahwa 'puncak' wabah  covid 19 di Inggris sudah berlalu ketika Perdana Menteri Boris Johnson mengumumkan langkah 'lockdown' pada 23 Maret lalu. 

Puncak tersebut adalah pada tanggal 16 Maret atau seminggu sebelum pengumuman Boris Johnson.

"Pernyataan ini menjadi pukulan telak bagi klaim-klaim politis populer tentang 'lockdown dan social distancing menghentikan covid 19'. Data-data menunjukkan dengan jelas bahwa penyebaran virus telah. Dengan kata lain, keputusan untuk menutup negara tidak berdasar data saintis yang sebenarnya," kata Heneghan.

Sang Profesor Oxford juga menjelaskan bagaimana para pakar pemerintah telah 'salah secara konsisten' sepanjang krisis, dan bahkan mengungkapkan bagaimana para menteri Inggris turun ke dalam kepanikan, dan tampaknya telah 'kehilangan akal' - ketika mereka membawa negara tersebut ke karantina nasional penuh meskipun mereka memiliki akses ke, dan sedang diberi pengarahan, data akurat yang menunjukkan krisis telah melewati puncaknya.

Heneghan juga menyatakan bahwa beberapa negara non-lockdown seperti Swedia telah melakukan dengan baik untuk 'menahan diri' sambil menghindari 'skenario hari kiamat' yang sedang populer yang terus-menerus didorong oleh pemerintah dan media untuk membenarkan kebijakan penguncian yang kejam. Negara Skandinavia telah mencatat hanya 392 pasien baru dan 40 kematian hari ini, sekitar 10 persen dari total di Inggris. 

Dalam sebuah wawancara dengan UK Mail Online, Prof Heneghan menyatakan:

“Puncak kematian terjadi pada 8 April, dan jika Anda memahaminya maka Anda bekerja mundur untuk menemukan puncak infeksi. Itu akan menjadi 21 hari sebelum itu, tepat sebelum titik kuncian. "

(Heneghan merujuk pada penundaan antara saat seseorang terinfeksi ketika mereka akan jatuh sakit parah, yang rata-rata sekitar tiga minggu)

“Konsisten dengan analisis sebelumnya, hari puncak kematian adalah 8 April. Struktur data serupa di seluruh kawasan, dengan puncaknya di London pada 4 April, empat hari lebih cepat dari negara lainnya, 8 April. ” - Carl Heneghan dan Jason Oke, Pusat Pengobatan Berbasis Bukti.

Yang terpenting, The Mail menambahkan: Dia mengklaim bahwa jika pemerintah menerima bahwa kematian mencapai puncaknya pada 8 April, maka itu berarti bahwa infeksi mencapai tingkat tertinggi sekitar tiga minggu sebelumnya.

Data menunjukkan tingkat orang Inggris dengan infeksi saluran pernapasan atas turun dari 20 per 100.000 orang pada 15 Maret menjadi sekitar 12 per 100.000 hanya enam hari kemudian.

Angka-angka ini tidak hanya berkaitan dengan coronavirus tetapi mungkin merupakan indikator yang baik karena sangat sedikit orang yang diuji untuk infeksi mematikan.

‘Guided by the Science’?

Selama itu, pemerintah Inggris yang masih dipimpin oleh PM pengasuh Dominic Raab, telah mengatakan kepada publik bahwa keputusan pemerintah "dibimbing oleh ilmu pengetahuan." Meskipun ini mungkin tampak seperti 'soundbite' yang apik, itu hampir tidak mencerminkan kenyataan situasi sejak awal Maret.

"Pemerintah Inggris terus mengatakan itu menggunakan sains terbaik ... Tapi tampaknya kehilangan pandangan tentang apa yang sebenarnya terjadi. Kami telah mendapatkan saran ilmiah yang secara konsisten salah, "kata Heneghan.

"Itu telah gagal untuk melihat semua data dan mengerti kapan puncak infeksi benar-benar terjadi."

"Lima puluh persen pengurangan infeksi terjadi pada 16 Maret, tepat ketika mencuci tangan dan menjaga jarak sosial diperkenalkan."

"Jika Anda melihat apa yang terjadi di Swedia, mereka memegang teguh hati mereka dan mereka belum memiliki skenario hari kiamat. Pemerintah kami benar-benar salah.”  

Swedia mendapat kecaman di media dan di media sosial oleh aktivis pro-lockdown yang bersikeras bahwa Swedia entah bagaimana 'mempertaruhkan jutaan nyawa' dengan memilih untuk tidak mengimplementasikan eksperimen kebijakan karantina universal. Alih-alih tekanan media dan saran orang-orang seperti Bill Gates, Swedia telah membiarkan sebagian besar sekolahnya terbuka, serta pusat perbelanjaan, pub, restoran dan ruang publik. Pemerintah juga telah memilih untuk memberi nasihat daripada menegakkan langkah-langkah mitigasi jarak jauh dan sosial yang masuk akal.

Menurut salah satu ahli epidemiologi terkemuka Swedia, Profesor Johan Giesecke, Swedia hampir mencapai kekebalan publik alami (herd immunity).

Profesor Heneghan juga mengkritik pemerintah Inggris karena terlalu mengandalkan kebijakan 'penguncian' yang kejam sebagai satu-satunya pendekatan strategis, yang sekarang beresiko merusak ekonomi negara - kebijakan yang didorong oleh kepanikan yang pada akhirnya dapat menyebabkan lebih banyak korban dan penderitaan daripada COVID-19 diri:

“Lihatlah mitra kami [di UE]. Mereka membuka lagi. Kita harus membuka kembali masyarakat. Kita perlu membuat rencana dengan cepat, kita tidak bisa menunggu tiga minggu kemudian perlahan-lahan membuka. "

"Selain masalah ekonomi utama, penghematan akan berdampak pada kesehatan fisik dan mental orang."

‘Masalah kuncian kedua adalah membuat publik takut untuk terlibat dengan perawatan kesehatan."

“Orang-orang menghindari pergi ke dokter dan rumah sakit karena mereka percaya ada begitu banyak infeksi di sana sehingga mereka mungkin tertular [coronavirus]. Itu sangat merusak. "

Studi Heneghan juga menambahkan kepercayaan tambahan pada analisis independen oleh Andrew Mather yang ditemukan di sini.

Pekerjaan Mather semata-mata berasal dari data yang tersedia untuk umum dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO). Dia berkomentar kembali pada 4 April:

“Kami mengungkapkan slide baru yang menunjukkan bagaimana pemerintah memiliki akses ke data yang jelas yang menunjukkan bahwa jauh sebelum deklarasi Inggris dikunci dan bahkan pada saat siaran Perdana Menteri 3 Maret, data menunjukkan bahwa Italia, Jerman, Swedia dan Inggris semua melambat, naik level, dan kemudian jatuh dalam hal tingkat penularan. Krisis telah berakhir meskipun penularan akan terus berlanjut hingga kelelahan. Itu tak terhindarkan seperti bola yang dilemparkan ke udara, melambat, dan kembali ke bumi. ”

Meskipun demikian, terlepas dari semua data yang tersedia, Inggris dan pemerintah barat lainnya, terus maju dan secara sukarela membenamkan ekonomi dan masyarakat mereka, serta demokrasi dan hak-hak dasar warga negara yang dikekang. Di seberang lain blok barat, ini telah menyebabkan puluhan juta pengangguran dan ratusan ribu bisnis hancur akibat keputusan pemerintah pusat.

Para ahli juga memperingatkan tentang dampak kesehatan dan sosial jangka panjang dan jumlah kematian yang tak terelakkan yang tak terukur yang dihasilkan dari keputusan pemerintah ini, sebuah warisan yang kemungkinan akan bergema selama bertahun-tahun, jika bukan beberapa dekade.

No comments: