Monday 16 January 2012

KONPERENSI "GLOBAL MARCH TO JERUSSALEM" DIGELAR DI BEIRUT


Panitia gerakan "Global March to Jerusalem (GMTJ)", Minggu kemarin (15/1), mengumumkan telah selesainya persiapan bagi diselenggarakannya konperensi internasional tahunan kedua "Global March to Jerusalem". Konperensi ini akan digelar di Beirut, Lebanon, 17-18 Januari 2012.

Konperensi ini akan membahas impelementasi dari keputusan-keputusan yang dihasilkan dalam konpernsi pertama yang diselenggarakan di Amman bulan lalu yang mana disepakati dibentuknya Panitia Internasional yang mewakili berbagai belahan dunia serta dibentuknya Dewan Penasihat Internasional yang terdiri dari tokoh-tokoh internasional. Konperensi pertama juga memutuskan untuk menggelar pawai besar-besaran menuju Jerussalem "Global March to Jerusalem" pada tgl 30 Maret mendatang, yang merupakan ulang tahun ke 36 peringatan "Palestinian Land Day", hari dimana terjadi penumpasan berdarah demonstran Palestina oleh militer Israel tahun 1976.

Sebanyak 40 delegasi mewakili Panitia Internasional dari tujuh benua akan menghadiri pertemuan di Beirut ini.

Konperensi akan memastikan suksesnya event pawai internasional untuk Jerussalem mendatang dengan memilih anggota panitia kerja. Kebijakan internasional terkait dengan kegiatan ini juga akan ditetapkan dalam konperensi ini. Selain itu konperensi juga akan membahas berbagai isu internasional yang terkait dengan kegiatan akbar yang akan digelar serta langkah-langkah yang akan dilakukan di tiap-tiap negara mulai pertengahan Januari hingga menjelang acara pawai.

Panitia Internasioal GMTJ menyatakan bahwa kegiatan pawai akbar serta kegiatan-kegiatan lainnya yang menyertai di berbagai penjuru dunia ditujukan untuk menyerukan kepada dunia bahwa Jerussalem adalah kota yang menjadi kunci bagi terciptanya perdamaian maupun peperangan dan menekankan bahwa tindakan rasisme Israel terhadap rakyat dan situs-situs sejarah yang ada di kota ini telah mengancam perdamaian dan dianggap sebagai kejahatan kemanusiaan.

Panitia juga menekankan bahwa kegiatan pawai ditujukan untuk memobilisasi rakyat negara-negara Arab dan muslim serta rakyat negara-negara lainnya yang mencintai perdamaian untuk mengakhiri pelanggaran-pelanggaran yang dilakukan Israel melalui pendudukannya terhadap Palestina dan tanah Palestina. Berbagai pelanggaran kemanusiaan Israel disebutkan panitia, di antaranya praktik pembersihan etnis melalui pembangunan tembok pemisah, pembangunan pemukiman yahudi, meningkatnya pembunuhan terhadap rakyat sipil Palestina, penghancuran pemukiman dan pengusiran penduduk Palestina serta praktik yahudisasi kota Jerussalem.

"Tindakan-tindakan pelanggaran itu membutuhkan perlawanan masyarakat internasional untuk menghentikannya serta demi menjamin hak-hak asasi rakyat Palestina. Pawai ini diinpirasi oleh keyakinan kami serta keyakinan para pendukung kami di seluruh dunia bahwa partisipasi besar-besaran masyarakat internasional adalah cara damai yang praktis untuk meraih keadilan dan menjamin perdamaian dengan menghentikan pendudukan Israel atas negeri Palestina dengan Jeerussalem sebagai ibukotanya," demikian pernyataan pantia GMTJ.

Bagi masyarakat yang ingin berpartisipasi atau memberikan kontribusi dan dukungan, silakan menghubungi mengontak nomor berikut: Zaher Birawi: +44 7850 896 057, atau Dr. Paul Larudee +1 510 224 3518.



Sumber: almanar.com.lb; 15 Januari 2012

No comments: