Wednesday 2 January 2013

SELAMAT TAHUN BARU 2013

Tahukah Anda bahwa penanggalan masehi yang dipakai sebagian besar umat manusia di dunia termasuk Indonesia, sebenarnya adalah penanggalan yahudi dan tidak ada kaitannya sama sekali dengan kelahiran Isa al Masih (Yesus)? Kedengarannya sangat konyol bukan? Tapi terkadang yang konyol dan bertentangan dengan keyakinan sebagian besar orang itulah yang benar? Masih ingat simbol bulan bintang yang sebenarnya adalah simbol paganisme dan tidak ada kaitannya dengan Islam?

Sejak jamannya Nabi Daud (David) umat yahudi menetapkan tahun penanggalan berdasarkan ramalan lahirnya seorang nabi akhir jaman (masiah atau al Masih). Sejak itu tahun umat yahudi berjalan mundur menuju tahun yang diramalkan bakal lahir seorang masiah. Namun ternyata pada tahun yang diramalkan, tidak ada satu pun masiah yang lahir. Nabi Isa sendiri lahir 9 tahun sebelum tahun diramalkannya lahir seorang nabi (tahun ke-9 sebelum masehi). Mungkin itulah salah satu faktor mengapa nabi Isa ditolak oleh umat yahudi.

Tidak terasa blog ini sudah berumur 4,5 tahun. Usia yang termasuk tidak muda lagi untuk sebuah blog pribadi. Dan dalam usia itu blog ini tetap eksis membuat saya pribadi merasa cukup bangga mengingat kebanyakan blog-blog "pencerahan" di tanah air hanya bisa eksis satu atau dua tahun saja.

Dalam hal ini saya bahkan merasa sangat bangga karena ternyata dari waktu ke waktu blog ini semakin banyak dikunjungi tamu. Tercatat dalam satu bulan terakhir jumlah hits yang mampir di blog ini mencapai angka 86.000 lebih atau sekitar 2.800 hit per-hari. Sekitar 2 minggu yang lalu jumlah hits per-bulan blog ini bahkan telah menembus angka 100.000 atau lebih dari 3.300 hit per-hari. Padahal saya masih ingat betul bahwa pada tahun pertama blog ini hanya mendapat hit kurang dari angka 30.000 atau hanya sekitar 82 hit per-hari.



Selama ini mungkin para pengunjung bertanya-tanya tentang motifasi yang mendasari pendirian blog ini. Mengapa saya rela menghabiskan waktu dan pikiran untuk sesuatu yang tidak memberikan keuntungan apapun bagi saya? (Bahkan menurut penilaian banyak teman saya, sebagian besar isi dalam blog ini sangat "membahayakan"). Baiklah, saya akan cerita sedikit tentang sesuatu yang mendasari pendirian blog ini. Mohon ma'af jika cerita ini terdengar seperti terlalu "klise" atau, "hiperbola" atau "mengada-ada", namun demikian sebenarnya yang terjadi.

Pada akhir tahun 1994 lalu ketika saya tengah mengikuti kegiatan KKN di suatu dusun kecil di lereng Pegunungan Seribu (Gunung Sewu), Bantul, Yogyakarta, saya mengalami kebingungan dengan masa depan saya setelah kuliah. Padahal saya kuliah di satu fakultas favorit universitas terbaik di negeri ini yang sebagian besar mahasiswanya sangat yakin dengan masa depannya untuk menjadi pegawai Bank Indonesia, Departemen Keuangaan, bank-bank BUMN dan swasta nasional, dosen atau menjadi pegawai perusahaan multinasional. Sebagian mungkin bahkan terobsesi untuk menjadi seorang menteri yang terlecut oleh bunyi lirik satu "lagu wajib" selama ospek: "paling sial jadi menteri".

Di tengah kebingungan itu saya kemudian memutuskan untuk melakukan sholat sunnah di satu "langgar" (musholla kecil) dusun yang terletak di pinggir "tempuran" (pertemuan antara dua sungai) Sungai Opak dan Sungai Oya. Dan seolah seperti mendapatkan wangsit sebagaimana wangsit yang diterima Trinil dalam novel "Ronggeng Dukuh Paruk", setelah sholat itu tiba-tiba saya merasa bahwa saya harus menjadi seorang wartawan atau penulis yang memberikan pencerahan kepada orang banyak. Di hadapan saya muncul gambaran kehidupan para wartawan di masa perjuangan kemerdekaan yang tampak sangat indah.

Itulah satu hal yang mendasari pendirikan blog ini, tentu saja setelah melalui proses panjang kehidupan saya.

Selamat tahun baru 2013. Tahun baru ini saya perkirakan akan menjadi tahun yang "keras" dan "sulit". Baru saja kita memasuki tahun baru kita sudah disuguhi dengan berita-berita tentang rencana kenaikan TDL, gas, BBM dan obat-obatan. Inilah tahun dimana neo-liberalisme, paham yang membuat pemerintah lupa dengan jatidirinya sebagai pengayom rakyat, akan semakin merajalela. Inilah tahun dimana simbol-simbol "dajjal" atau "anti-Christ" akan semakin banyak muncul dan diikuti oleh para pengikutnya yang mulai "menampakkan diri" dan selanjutnya melakukan "unjuk gigi". Inilah tahun dimana kemunafikan para pemimpin akan semakin menjadi-jadi. Dalam konteks internasional kita juga akan melihat konflik timur tengah yang semakin keras. Perang di Syria yang semakin membesar, pertikaian Irak dengan wilayah otonomi Kurdi, pertikaian Irak-Turki, persaingan Amerika vs Rusia dan Cina yang semakin mengkristal, dan lebih dari itu kemungkinan perang Amerika-Israel dan sekutunya melawan Iran yang hampir pasti akan membakar seluruh kawasan.

Kita hanya bisa berdo'a semoga Tuhan masih mencurahkan kasih sayang-Nya kepada kita dengan mencegah semua itu terjadi.

Akhirul kata perkenankan saya kembali mengetuk kesadaran para pengunjung untuk memberikan dukungan kepada blog ini dengan mendonasikan sebagian dananya ke blog ini.

Terima kasih atas kunjungan-kunjungan dan semua bentuk dukungannya, termasuk kritik dan saran yang membangun.

Selamat tahun baru 2013. Semoga segalanya semakin lebih baik di tahun ini.

No comments: