Sunday, 12 January 2014

Klub Sepakbola Chili Bikin Marah Israel

Sebuah klub sepakbola di negara Chili telah membuat Israel geram karena memakai seragam baru yang menunjukkan dukungannya kepada rakyat Palestina.

Pakaian seragam baru yang membuat marah Israel tersebut bergambar peta wilayah Palestina sebelum dicaplok Israel pada tahun 1948. Pemerintah Israel dikabarkan telah melancarkan protes dan menuntut gambar tersebut diganti. Demikian laporan media-media Chili baru-baru ini.

Sebenarnya bukan hanya gambar seragam yang menunjukkan dukungan kepada Palestina, nama klub itu sendiri sudah menunjukkannya, yaitu “Deportivo Palestino”, klub Divisi I yang didirikan pada tahun 1920 oleh para imigran dari Palestina.

Suratkabar Chili “La Nacion” melaporkan hari Selasa (7/1) bahwa menlu Israel telah mengontak kedubes Israel di Chili untuk menyampaikan keberatan Israel atas langkah yang dilakukan klub sepakbola pro-Palestina tersebut.

Menurut keterangan kedubes Israel di Chili, wakil menlu Israel untuk urusan Amerika Latin, Itzhak Shoham, menyebut tindakan klub tersebut sebagai “provokasi yang menolak eksistensi negara Israel”.

Shoham menambahkan bahwa “sementara Israel tengah berupaya mewujudkan solusi 2 negara, tidaklah patut menggunakan olahraga sebagai tujuan politik.”

Sementara itu mantan pimpinan masyarakat yahudi di Chili (Jewish Community of Chile) Gabriel Zaliasnik, dalam akun “Twitter” miliknya menuduh Deportivo Palestino telah menyeret konflik Palestina-Israel ke dalam negeri dan menyebut langkah klub tersebut sebagai “tanda dari kebencian dan fanatisme.”

Sumber: Al Akhbar; 10 Januari 2014

2 comments:

ibnu Taher said...

negeri nonmuslim peduli pd palestina, kenapa negara arab/saudi diam seribu bahasa????

andre an said...

arab saudi itu abg kandung israel laknat