Sunday 22 April 2018

Drone Misterius Mendekati Istana, Raja Saudi Sembunyi ke Bunker

Indonesian Free Press -- Raja Saudi Arabia Salman bin Abdul Aziz dilaporkan telah melarikan diri dan bersembunyi di bunker militer setelah sebuah drone misterius menyusup ke kompleks istana di Riyadh kemarin (21 April).

"Sebuah drone kecil telah menimbulkan kekacauan di ibukota Saudi Arabia, dikabarkan telah memaksa Raja Salman menyelamatkan diri ke bunker militer sementara aparat keamanan menangani penyusup," tulis Reuters dalam laporan tentang insiden ini.


Dalam laporan ini disebutkan bahwa aparat keamanan terpaksa mengeluarkan tembakan untuk menjatuhkan drone tersebut. Sementara media-media lokal menyebutkan bahwa Raja Salman dievakuasi ke pangkalan militer King Khaled yang terletak tidak jauh dari istana.

Sempat muncul spekulasi terjadinya kudeta. Namun otoritas setempat mengatakan kepada Reuters bahwa Raja Salman tidak berada di tempat saat insiden itu terjadi.

Situasi politik Saudi Arabia memang kurang stabil sejak diangkatnya Muhammad bin Salman sebagai putra mahkota dengan menyingkirkan putra mahkota dan pangeran-pangeran senior lainnya. Beberapa bulan lalu Mohammad bin Salman menangkap puluhan pangeran dan pejabat senior Saudi Arabia dalam upaya mengkonsolidasikan kekuasaannya dan menyingkirkan pesaing-pesaingnya.

Kini polisi tengah menyelidiki asal muasal drone misterius tersebut dan penyebabnya terbang mendekati istana.(ca)

No comments: