Tuesday 28 April 2009

Konperensi Pengkhianatan Amerika


Kurang dari satu minggu mendatang AIPAC, organisasi yahudi Amerika yang sangat berpengaruh akan mengadakan konferensi politik. Saat itu kita akan menyaksikan ratusan pejabat publik Amerika berbondong-bondong untuk memberikan tabik hormat kepada bendera Israel dan membuka mata publik tentang loyalitas mereka kepada Israel, bukan negaranya sendiri.

Lebih dari 300 anggota legislatif Congress plus puluhan pejabat publik Amerika termasuk presiden hadir dalam acara serupa tahun 2008 lalu. Untuk acara tahun ini panitia menyembunyikan daftar peserta yang akan datang untuk menghindari kritikan. Namun sangat boleh jadi jumlah pejabat publik dan politisi Amerika yang datang akan lebih banyak lagi.

Dan tentu saja para pemimpin tertinggi Israel juga hadir. Presiden Barack Obama pun bisa dipastikan akan hadir di acara paling penting setelah pelantikan dirinya ini.

Bertindak sebagai pembicara pertama adalah politisi dan anggota Congress Jane Harman yang akan memaparkan makalah tantang kebijakan politik Amerika di timur tengah. Tentu saja ini menjadi hadiah bagi Israel yang secara cuma-cuma mendapatkan informasi mengenai kebijakan politik Amerika di timur tengah, tanpa harus mengirimkan mata-matanya.

Beberapa isu akan dibicarakan dalam acara ini, termasuk menentukan sikap atas kasus mata-mata yang dilakukan dua orang mantan pejabat AIPAC, Steve Rosen and Keith Weissman. Nasib mereka akan ditentukan, apakah harus menjalani proses pengadilan, atau mendapatkan ampunan presiden dengan alasan "keamanan nasional" sebagaimana kasus Scooter Libby, pejabat Amerika keturunan yahudi yang menjadi mata-mata Israel namun mendapat pengampunan Presiden Bush. Isu-isu lain yang akan dibicarakan adalah keputusan tentang jadi tidaknya rencana mengebom Iran (dan memicu Perang Dunia III), juga masalah Palestina: melaksanakan perjanjian Annapolis dengan membantu pembentukan negara Palestina, atau membuang kertas perjanjian itu ke tempat sampah sebagaimana biasanya dilakukan Israel.

Beberapa pejabat dan politisi yang dipastikan hadir adalah senator Richard Durbin (D-IL), senator Jon Kyl (R-AZ), anggota Congress Steny Hoyer (D-MD) dan anggota Congress Eric Cantor (R-VA). Beberapa figur terkenal lainnya adalah walikota Los Angeles Antonio Villaraigosa, mantan direktur CIA James Woolsey, direktur eksekutif Washington Institute for Near East Policy Robert Satloff, komandan AU Israel Maj. Gen. Ido Nechustan, mantan ketua Congress Newt Gingrich dan Senator John Kerry (D-MA) yang menjadi ketua komisi luar negeri Senat.

Last but not least, agenda penting lainnya yang dibicarakan dalam konperensi tersebut adalah berapa miliar dolar bantuan Amerika akan diberikan kepada Israel tahun ini. Pendek kata di even inilah, kebijakan politik Amerika diputuskan. Bukan di kantor-kantor publik Amerika dan bukan oleh pejabat-pejabat publik Amerika sendiri.

Namun sebagaimana tahun-tahun lalu, pertemuan akbar Amerika-Israel ini luput dari
pemberitaan media massa. Event ini memang sengaja disembunyikan dari perhatian publik karena sangat memalukan Amerika.

No comments: