Saturday 16 June 2012

AMBISI GILA CINA, BANGUN GEDUNG TERTINGGI DALAM 3 BULAN

Tidak ada ambisi se-"gila" ini. Membangun gedung tertinggi di dunia setinggi 838 meter dalam waktu hanya 3 bulan. Namun dengan semua yang telah dicapai China saat ini: menjadi kekuatan ekonomi kedua di dunia dan tidak lama lagi menjadi nomor satu, serta berbagai kemajuan menakjubkan lainnya, ambisi itu terasa setimpal.

Saat gedung "Sky City" berlantai 220 di Changsa, Provinsi Hunan, selesai, gedung ini langsung menyandang predikat gedung tertinggi di dunia, mengalahkan gedung tertinggi saat ini yang disandang gedung Burj Khalifa di Dubai. Tidak hanya itu, "Sky City" juga bakal mencatat rekor gedung pencakar langit yang paling cepat dibangun. Karena jika Burj Khalifa membutuhkan waktu 5 tahun untuk selesai dibangun, "Sky City" hanya bakal membutuhkan waktu 3 bulan. "Sky City" juga bakal menggusur Shanghai Tower yang memiliki ketinggian 632 meter sebagai gedung tertinggi di Cina.

Adalah Broad Sustainable Building (BSB), sebuah konstruksi berbasis di Hunan yang yakin bahwa mereka bisa membangun gedung senilai $628 juta itu hanya dalam waktu 90 hari. Sejauh ini pemerintah provinsi Hunan telah menyetujui proyek ini, namun masih menunggu persetujuan pemerintah pusat. Jika disetujui BSD akan memulai pembangunan bulan November tahun ini juga dan akan selesai bulan Januari 2013.

BSB sejauh ini masih merahasiakan peruntukan gedung tersebut meski rencana awal yang dibuat tahun 2010, saat gedung masih direncanakan setinggi 666 meter, akan dihuni oleh 70.000 hingga 110.000 orang.

Keyakinan BSB adalah berdasarkan pengalaman mereka membuat gedung pencakar langit. Rekor pertama kecepatan pembangunan gedung mereka adalah gedung 15 lantai yang dibangun dalam waktu 6 hari pada bulan Juni 2010. Rekor ini pecah setelah mereka berhasil membangun gedung setinggi 30 lantai hanya dalam waktu 360 jam.

Kunci dari kecepatan tersebut adalah pengolahan sebagian besar material bangunan di pabrik. Dengan kata lain sebagian besar material bangunan akan dibuat sebelum tiang pancang ditancapkan. Metode ini sama dengan yang dilakukan perusahaan-perusahaan konstruksi Jerman seperti Huf Haus yang membangun rumah-rumah di pabrik sebelum merekonstruksinya di tempat.

"Sky City" akan dilengkapi dengan 104 elevator, memiliki luas lantai 1 juta meter persegi, dan berbentuk gedung kaca berkaki empat.



Sumber:
"Ambition Has Never Scaled Such Heights"; Daily Mail.co.uk; 12 Juni 2012


No comments: