Tuesday 26 June 2012

PRESIDEN BARU MESIR TINGKATKAN HUBUNGAN DGN IRAN

Presiden terpilih Mesir, Mohammad Mursi, berjanji akan meningkatkan hubungan dengan Mesir dan mereview kembali perjanjian Camp David antara Mesir dan Israel. Jika benar janji ini maka akan mengubah konstelasi politik Timur Tengah secara signifikan.

Dalam wawancaranya dengan media Iran "FARS" hanya beberapa jam sebelum pengumuman kemenangannya dalam pemilu presiden, Senin (25/6), Mursi mengatakan bahwa keinginannya menjalin hubungan lebih erat dengan Iran adalah untuk menciptakan keseimbangan strategis baru di Timur Tengah.

"Ini akan menciptakan keseimbangan tekanan di kawasan, dan ini adalah bagian dari program saya," kata Mursi.

Hubungan diplomatik Mesir dengan Iran kembali membaik setelah tumbangnya regim pro-Amerika/Israel Husni Mubarak yang berkuasa di Mesir selama lebih dari 30 tahun.

Mursi sekaligus membantah rumor tentang prioritas kunjungan luar negeri pertamanya yang dikabarkan akan ke Saudi Arabia. "Saya tidak pernah mengatakan hal itu dan sampai saat ini saya belum memutuskan rencana kunjungan luar negeri saya setelah memenangkan pemilu," katanya.

Mengenai perjanjian damai Mesir-Israel Camp David Mursi mengatakan bahwa, "Kami akan mempertimbangkan kembali perjanjian Camp David, namun melalui institusi negara dan pemeritahan," katanya.

Selain kemenlu Iran yang memberikan ucapan selamat kepada Mursi, pejabat militer Iran juga menyatakan simpatinya pada Mursi dan revolusi Mesir yang telah berhasil menyingkirkan regim otoriter pro-Israel. Kastaf AB Iran Jendral Hassan Firouzabadi dalam pernyataannya yang dikutip kantor berita Iran IRNA, Senin (25/6) mengecam langkah militer Mesir yang telah membubarkan parlemen hasil pemilu dan demokratis.

"Tindakan DEwan Militer Mesir yang merupakan lembaga yang dipilih Mubarak, tidak memiliki validitas hukum dan legitimasi politik," kata Firouzabadi.



TUJUAN REVOLUSI YANG HAMPIR TERCAPAI

Sementara itu sekutu Iran dan tulang punggung gerakan perlawanan anti Israel-Amerika di Lebanon, Hizbollah, hari Senin (25/6) juga memberikan ucapan selamat kepada rakyat Mesir atas terpilihnya Muhammad Mursi sebagai presiden. Menurut Hizbollah kemenangan tersebut sebagai langkah krusial untuk meraih tujuan revolusi.

“Keberhasilan ini merupakan langkah krusial menuju tercapainya tujuan mulia revolusi yang diberkatai," demikian pernyataan resmi Hizbollah.

"Hizbollah berdoa kepada Allah untuk menolongnya (Mursi) mengemban tanggungjawab besar pada fase kritis dalam sejarah Mesir dan Timur Tengah, dan agar ia menangkap aspirasi rakyat Mesir serta mengembalikan Mesir pada posisi terhormat dalam dunia Arab dan Islam," tulis Hizbollah.




Sumber:
"Mursi Wants Expansion of Ties with Iran, Review to Camp David Accord"; almanar.com.lb; 25 Juni 2012

"Egypt’s Elections Step to Achieve Revolution Goals"; almanar.com.lb; 25 Juni 2012


No comments: