Wednesday, 13 June 2012

IRAN KLAIM MULAI KEMBANGKAN KAPAL SELAM TENAGA NUKLIR

Iran kembali mengagetkan dunia. Setelah belum lama ini mengklim memiliki kemampuan untuk membuat kapal induk sendiri, kini Iran mengklaim telah memulai pembangunan kapal induk bertenga nuklir

"Langkah awal mendisain dan membuat sistem penggerak kapal selam tenaga nuklir telah dimulai," kata Admiral Abbas Zamini, deputi teknologi kastaf AL Iran kepada kantor berita "Al Arabiya News", 12 Juni lalu.

"Semua negara berhak menggunakan teknologi nuklir untuk keperluan damai, termasuk sistem penggerak bagi kapal," tambahnya.

Meski Zamini tidak memberikan keterangan lebih rinci, namun klaim tersebut mengklaim kekhawatiran barat bahwa Iran tengah berupaya mendapatkan teknologi penggerak nuklir bagi kapal-kapalnya untuk merealisasikan ambisi "operasi militer jarak jauh".

Sampai saat ini hanya sebagian kecil negara maju yang memiliki kemampuan membuat kapal selam bertenaga nuklir, yaitu Amerika, Rusia, Perancis, Inggris, dan Cina. India dikabarkan tengah mengembangkan model persenjataan ini namun belum berhasil sepenuhnya.

Pengumuman tersebut muncul di tengah-tengah persiapan pembicaraan program nuklir Iran oleh Iran dan negara-negara anggota tetap DK PBB plus Jerman, yang akan digelar di Moskow tgl 18 dan 19 Juni mendatang.


Sumber:
"Iran Claims Designing Nuclear Submarine"; Al Arabiya News; 12 Juni 2012

1 comment:

Maul Evant said...

mantab.. glory iran..
dahulu gudangnya ilmuan islam, sudah seharusnya iran menjadi negara maju.