Friday, 22 November 2013

MARZUKI ALI PUN DUKUNG IRAN DAN PALESTINA

Tanpa banyak dipublikasikan media massa nasional, hubungan Indonesia-Iran sebenarnya sangat erat, yang ditandai dengan banyaknya kunjungan pejabat-pejabat dan tokoh-tokoh masyarakat Indonesia ke negara para ulama itu. Demikian pula halnya dengan kunjungan Ketua DPR RI Marzuki Ali baru-baru ini ke Iran yang relatif tidak mendapatkan pemberitaan media-media massa nasional. Padahal seharusnya kunjungan seorang ketua parlemen mampu memberikan dampak signifikan dalam hubungan kedua negara.

Dalam kunjungannya ke Iran tersebut Marzuki Ali mendapat kehormatan berpidato di hadapan parlemen Iran yang isi pidatonya sebenarnya sangat "spektakuler", yaitu menyangkut isu-isu paling sensitif dalam hubungan dunia internasional saat ini, yaitu dukungan terhadap hak Iran untuk mengembangkan teknologi nuklir serta dukungan terhadap rakyat Palestina untuk memiliki negara sendiri dengan ibukota Jerussalem (Baitul Maqdis).

"Kami mendukung program nuklir Iran dan kami ingin Iran mencapai apa yang diacunya," kata Marzuki Alie dalam pidatonya tersebut. Hal itu kontan membuat hadirin bertepuk tangan dengan meriah. Tepuk tangan disertai seruan takbir tidak kalah meriah juga diterima Marzuki ketika beliau menyinggung tentang Palestina:

"Kami berpendapat bahwa perdamaian di Palestina tidak akan terwujud kecuali negara itu independen dengan ibukota Baitul Maqdis," kata Marzuki.

Sebagaimana diketahui, Iran adalah negara yang paling konsisten mendukung kemerdekaan Palestina. Dengan pernyataan tersebut Marzuki tidak saja menunjukkan dukungannya pada Palestina, namun juga kepada Iran sekaligus. Tidak lupa Marzuki Ali menyatakan terima kasihnya terhadap sambutan yang diberikan parlemen Iran terhadap dirinya sebagai wakil bangsa Indonesia.

"Saya dan sebagai ketua parlemen mewakili parlemen Indonesia berterima kasih atas sambutan hangat Anda," ungkap Marzuki.

"Ini adalah kunjungan ketiga saya ke Iran yang merupakan kunjungan resmi atas undangan Ketua Parlemen Iran Ali Larijani, dan saya berharap kunjungan ini dapat memperluas hubungan seribu tahun untuk kerjasama lebih luas di bidang ekonomi, politik, politik, budaya dan sosial," tambah Marzuki.

Dengan menekankan bahwa hubungan parlemen Indonesia dan Iran adalah hubungan persahabatan, Marzuki Alie mengakui masih adanya berbagai hambatan dalam hubungan kedua negara yang berusaha ia selesaikan bersama parlemen Iran. Kepada pers Marzuki Ali mengungkapkan bahwa pihaknya telah membahas berbagai macam masalah dengan Larijani. Ditambahkannya juga bahwa parlemen Indonesia dan Iran memiliki kerjasama di tingkat regional dan global.

Pada bagian lain pidatonya Marzuki mengatakan, "Kami mewakili pemerintah dan rakyat Indonesia, menyampaikan belasungkawa atas ledakan di Lebanon dan pada akhirnya saya berterima kasih kepada para anggota parlemen khususnya ketua parlemen Iran dan juga juga atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk bertemu dengan Presiden Iran, bapak Rouhani."

"Kami berharap kunjungan ini dapat meningkatkan kerjasama antara Iran dan Indonesia di tingkat pemerintahan, parlemen dan masyarakat," tuturnya.

Pasca pidato Marzuki Alie, Ketua Parlemen Iran Ali Larijani berterima kasih kepada sejawatnya dari Indonesia itu dan mengatakan, "Kami berterima kasih atas ungkapan akrab beliau dan kami berharap kunjungan beliau menjadi titik kembali untuk hubungan antara Iran dan Indonesia karena kedua negara adalah bangsa besar dan unggul dalam masyarakat Islam."


REF:
"Ketua DPR RI Sampaikan Pidato Spektakuler di Parlemen Iran"; indonesian.irib.ir; 20 November 2013

2 comments:

Argan Ali said...

Ada video pidato marzuki ali tersebut ga mas? pgn denger versi lengkapnya. Thx.

abu bakar said...

tahniah bangsa Indonesia yang mendukung kaum salman...kamu telah berada di bintang surya