Sabtu, 11 Mei 2013

MENGAPA SYRIA TAK KALAH JUGA? (3)

Perang ekonomi tidak kalah penting dibanding pertempuran bersenjata, setidaknya hal itu terjadi di Syria.

Pada masa-masa awal konflik negara-negara Arab, Turki, negara-negara barat hingga utusan-utusan khusus PBB dan Liga Arab melakukan bujukan hingga ancaman bertubi-tubi kepada pemerintah Syria untuk melepaskan diri dari poros "perlawanan" anti-Israel yang dibentuk Syria bersama Iran, Hizbollah dan Hamas. Bujukan dan ancaman tersebut tidak digubris oleh Presiden Bashar al Assad meski akibatnya Syria harus mengalami "cobaan" yang sangat berat berupa mengalirnya ribuan teroris bersenjata berat ke negeri yang sebelumnya aman dan damai tersebut.

Dalam pidato politik pertamanya setelah konflik bersenjata pecah, Presiden Bashar mengakui adanya beberapa kekurangan yang dilakukan pemerintah terutama dengan terlambatnya implementasi reformasi politik yang telah dirancang sejak tahun 2000. Bashar menyebutkan beberapa faktor yang membuat rencana tersebut terlambat diimplementasikan seperti invasi Amerika di Afghanistan dan Irak, pembunuhan mantan perdana menteri Lebanon Rafiq Hariri disusul dengan Revolusi Cedar di Lebanon yang memaksa penarikan ribuan tentara Syria dari Lebanon.

Untuk mengendalikan krisis, Bashar al Assad meluncurkan serangkaian program reformasi politik seperti penyelenggaraan dialog-dialog politik di berbagai provinsi yang disusul dengan pengesahan konstitusi baru yang mengurangi kekuasaan partai berkuasa, penyelenggaraan pemilihan parlemen dan kepala-kepala daerah, penerapan UU kebebasan pers hingga pemberian amnesti kepada para pemberontak.

Namun semua langkah tersebut tetap tidak memuaskan kekuatan-kekuatan politik yang tidak menginginkan Syria bergabung dengan Iran dan "perlawanan". Tekanan-tekanan politik pun terus ditimpakan terhadap Syria selain pengerahan ribuan teroris bersenjata ke dalam wilayah Syria: sanksi ekonomi dan politik Amerika dan Uni Eropa, penarikan duta-duta besar negara-negara Arab, hingga pembekuan Syria dari Liga Arab.

Saudi dan Qatar juga banyak menggelontorkan dananya untuk membujuk para pejabat militer dan birokrat sipil Syria untuk membelot. Dalam beberapa kasus hal ini mampu menggoyahkan keteguhan para pejabat Syria hingga terjadi beberapa kasus pembelotan pejabat-pajabat dan personil militer Syria. Namun secara keseluruhan jumlahnya tidak terlalu signifikan untuk meruntuhkan pemerintahan Syria.

Deputi Menteri Informasi Syria Khalaf Al-Moftah mengatakan kepada Al-Manar bahwa di segala sektor baik politik, birokrasi pemerintahan, kebudayaan, sosial, pendidikan dan militer, keutuhan pemerintahan tetap terjaga. Hal tersebut disebabkan oleh nasionalisme yang kuat ditambah kemauan bertahan hidup serta kesadaran bersama tentang apa yang sebenarnya terjadi, yaitu adanya konspirasi zionisme internasional untuk menghancurkan Syria sebagai bangsa yang berani melawan Israel.

"Sadar dengan bahaya yang mengancam, rakyat Syria bersatu padu untuk melawan," kata Al-Muftah

Salah satu unsur bangsa Syria yang mampu bertahan dari serangan konspirasi zionis adalah korps diplomat Syria yang menjadi representasi negara Syria di luar negeri. Dubes Syria untuk Turki Nidal Qabalan mengungkapkan kepada Al-Manar alasan-alasan yang membuat Syria mampu bertahan dari konspirasi global sementara pemerintah negara-negara tetangganya seperti Tunisia, Mesir, Libya dan Yaman berjatuhan dalam hitungan minggu atau bulan.


“Rahasianya adalah struktur masyarakat Syria secara sosial politik, intelektual, budaya, dan idiologi, yang telah ditanamkan oleh mantan Presiden Hafez al Assad. Beliau membangun idiologi tentara yang melintasi batasan agama, sekte hingga partai politik dengan satu pandangan yang kuat, Dataran Golan, dan perlawanan di Lebanon, Palestina, Irak serta semua negara Arab yang wilayahnya diduduki musuh," kata Qabalan.

Qabalan menyebutkan Syria saat ini tengah membayar "pajak kemuliaan". "Kami, baik pemerintah maupun rakyat, telah biasa untuk membayar. Jadi Syria tidak akan menyimpang dan akan semakin kuat mendukung gerakan perlawanan (anti zionisme) hingga tercapai tujuana terbesar yaitu membebaskan Palestina dan seluruh wilayah Arab yang diduduki zionis.


TEKANAN DAN NASIONALISME

Para diplomat Syria di luar negeri mengungkapkan besarnya tekanan yang mereka hadapi untuk melakukan pembelotan. Selain ancaman, mereka juga mendapat bujukan dengan imbalan sejumlah besar uang serta jabatan yang menggiurkan.

"Di seluruh dunia Syria memiliki 65 kedutaan dan kanto-kantor misi internasional dan sekitar 60 konsulat. Korps diplomatik adalah sangat kompak, perpecahan bisa diabaikan di antara 1.500 pejabat diplomatik yang ada," kata Qabalan.

Pimpinan Redaksi koran Al-Thawra Ali Qassem mengatakan kepada Al-Manar bahwa nasionalisme rakyat Syria tidak bisa dinegosiakan, dan hal inilah yang membuat Syria selama ini tetap bertahan.

"Rasa nasionalisme rakyat Syria berakar pada kebudayaan kuno Syria yang telah berusia 7 ribu tahun. Seluruh rakyat Syria terikat dengan tanah airnya serta dengan tujuan nasional bersama. Kekompakan korps diplatik Syria merupakan hal yang wajar, terutama saat terjadinya berbagai intimidasi, dan tekanan pada masa-masa awal krisis," kata Qassem.

Menurut Qassem, tekanan terhadap korps diplomat Syria terbagi melalui tiga bentuk:

Pertama: intimidasi, kebohongan dan pembesar-besaran isu.
Kedua: pemerasan, ancaman, hingga ancaman fisik.
Ketiga: fabrikasi atau rekayasa.

Qassem menyebutkan bahwa keteguhan para diplomat Syria merupakan cerminan dari keteguhan rakyat Syria yang membuat konspirasi hebat selama 2 tahun lebih tidak mampu mengalahkan Syria.

“Sudah menjadi pengetahuan umum bahwa korps diplomatik Syria telah terlatih baik dan memiliki kualitas dan telah lama terlibat dalam pertempuran diplomatik di tingkat Arab dan dunia dalam berbagai bentuk,” tambah Qassem.

21 komentar:

imam mustofa mengatakan...

bung adi saya mau tanya. mengapa Ulama brsar seperti Al - qhardhwi mendukung pemberontak.. apakah beliau tidak tau apa yang sesungguhnya di suriah.. dan media media islami di indonesia pun sama sama memvonis Bashar Al Assad sebagai Rezim yang kejam dan sering membantai Kaum Sunni Suriah.. mohon pendapatnya bung Adi

Taufik Mauludin mengatakan...

Menurut saya media massa sangat berpengaruh.seluruh media dan pemberitaan selama ini tidak berimbang dan hampir 99% dikuasai oleh antek2 yahudi yang mengatasnamakan HAM,dan Demokrasi.masalah perselisihan antara syiah dan sunni menjadi isu sensitif yang berhasil diangakat ke media dan menjadi bagian propaganda Barat untuk melemahkan persatuan Bangsa Arab di timur tengah.ketika isu syiah diangkat.sebagian besar para ulama sunni,akan menjadikan alasan ini sebagai dalil untuk menghancurkan syiah.ketika syiah sudah hancur,Zionis akan mudah menghancurkan islam,bukan saya melecehkan umat sunni,tapi kita ketahui mayoritas sunni cara berpikirnya lebih demokratis,dan sangat lunak terhadap pengaruh dan kebijakan Barat.contoh:Arab saudi,Qatar,UEA dan negara arab yang berbasis sunni.mereka lebih mengutamakan Dialog daripada turun membantu mengangkat senjata untuk memperjuangkan palestina.padahal kalau kita bicara palestina,perundingan dan dialog hanya retorika politik belaka,dan seiring waktu jet2 tempur israel akan terus membunuh rakyat palestina.jujur!!saya lebih simpatik pada syiah,bukan karna ideologi atau pemahamannya,tapi keberaniannya melawan dan menentang zionisme israel.lihat arab saudi!!diam seribu basa tanpa mampu bertindak.jangankan mengangkat senjata,suarapun mereka tidak ada!mereka sembunyi dibalik demokrasi ala amerika.bagi mereka membunuh kaun syiah lebih halal daripada memerangi zionis israel.sekarang saya bertanya sama kaum sunni.ketika iran,syria dan lebanon runtuh.apa kalian akan seberani orang2 syiah yang kalian musuhi.saya jawab sendiri,karna saya orang sunni.ma'af mari kita hindari perang kita selesaikan lewat dialog saja.dan sudah pasti hasilnya 99% semua keputusan berpihak dan menguntungkan Barat.

imam mustofa mengatakan...

setuju bung.. saya sendiri memang memuji Iran walaupun Syiah tapi iran berani melawan Pengaruh As dan Israel di Timteng.. saya sungguh Kecew sama Qatar,Arab saudi dan Jordan yang menggelontorkan Senjata kepada Pemberontak Suriah. Namun ketika Palestina di Agresi, para emir emir Qatar dan Saudi hanya diam .. Bahkan konon waktu Emir Qatar berkunjung ke Gaza , dia mau membantu Miliaran Dollar asal Hamas mau memutus hubungan dengan Iran.. Saya sependapat dengan Ali Larijani kalo Yang di butuhkan Palestina bukan uang tapi senjata.. dan yang saya Kawatirkan apabila Suriah runtuh dan Kelak menjadi Negara Antek Zionis , Iran kesulitan memberikan bantuan srnjata kepada Hizbullah dan Hamas... Satu lagi baik di negara Arab saudi dan Suriah ada Perang Fatwa antar Ulama ulama .. Ulama yang di Saudi menghalalkan Pemberontak membunuh Tentara tentara Suriah dan Ulama yang di Suriah padahal Sunni mengimbau agar rakyat Suriah berdiri bersama para tentara untuk memerangi pemberontak.. gimana tanggapannya tentang kedua ulama Sunni tersebut

dahlan alex mengatakan...

ulama sunni syiriah menfatwakan untuk berjuang bersama tentara memerangi teroris karena mereka lebih tahu apa yg terjadi di tanah air mereka sedangkan fatwa ulama wahabi mendukung pemberontak karena mereka tdk mau mengerti atau terpengaruh oleh opini zionis bersama sekutu arab mereka.....karenanya ulama yg bijak adalah yg menyerukan persatuan islam dan persatuan untuk menentukan mjusuh bersama yaitu zionis dan AS

cahyono adi mengatakan...

Imam Mustafa.
Qardhawi mengecam Muawiyah karena membunuh Hujur bin Adi. Namun ia juga memuji-muji Muawiyah setinggi langit.

Ia pernah mengecam keras bahkan cenderung kasar terhadap Sayyed Hassan Nasrallah terkait konflik Syria. Padahal Nasrallah mengecam beliau dengan santun tanpa menyebutkan nama beliau secara terbuka.

Saya tidak percaya pada kepribadian beliau. Sayyed Nasrallah lebih terhormat dibandingkan beliau.

Taufik Mauludin mengatakan...

Ulama seperti itu terlalu bermimpi melihat kawasan timur tengah di masa yang akan datang lebih demokratis,tidak mencerminkan islam yang penuh radikalisme.dan ulama seperti ini nantinya yang akan menimbulkan tafsir2 yang baru dalam ajaran islam.karna tuntutan modernisasi dan globalisasi sekaligus demokratisasi ala barat maka pendidikan islam mengenai akidah akan diselaraskan dengan perkembangan jaman.seperti itulah keinginan imam mustafa Qardhawi.menginginkan pembaruan di syria.ingin melihat syria menjadi negara demokratis,yang tidak lagi menentang Amerika dan israel.dan meninggalkan teman karibnya Iran.yang dimata para ulama moderat Iran itu seperti duri dalam daging.negara yang pantas dikucilkan dari pergaulan timur tengah bahkan dunia internasional.tapi satu yang membuat imam Qardhawi lupa,saudaranya di palestina sudah ribuan bahkan mungkin jutaan atau mungkin milyaran kalau dihitung semuanya semua dibunuh dengan keji tanpa ampun oleh senjata tentara israel.saya heran,mengapa mata mereka tertutup?seolah olah bagi mereka warga muslim dipalestina terbunuh itu hal yang biasa,gampang sekali mereka bilang,orang palestina yang mati disana adalah syuhada,sedangkan mereka para ulama tersebut terlihat duduk manis diatas kursi yang empuk berhiaskan kaligrafi islam,dengan enaknya mereka minum air putih,sedangkan saudaranya di palestina sana sedang tergeletak bersimbah darah.tapi para ulama ini masih santai duduk manis,masih enak menikmati sepotong roti gandum dan susu diselingi cemilan kurma uenaaaak sekali.mereka begitu gagahnya berkata;sayalah ulama yang membela seluruh kepentingan umat islam!!kalau begitu saudara dipalestina mereka anggap bukan umat islam.karna kenyataannya mereka tidak bisa membantu bangsa palestina.nauzubilahimindzalik!!!saya benci ulama2 pengecut seperti ini.

imam mustofa mengatakan...

yuuppp tapi bagaimana caranya untuk mempersatukan Sunni dan Syiah ? apakah sampai datangnya Imam Mahdi ?

Taufik Mauludin mengatakan...

Syi'ah dan sunni tidak bisa disatukan karna memang berbeda mahdzab,dan bertentangan keyakinan tentang masalah kekhalifahan setelah meninggalnya rasulullah.kita sebagai umat islam secara global ukhuwah islamiah jangan dipersempit oleh perbedaan mahdzab ataupun penafsiran.mari kita kesampingkan dulu masalah siapa itu syi'ah dan siapa itu sunni.musuh kita sekarang adalah zionisme yahudi.mereka musuh sejati umat islam.syi'ah dan sunni akan bersatu setelah turunnya imam mahdi,saya peribadi meyakini itu.selama imam mahdi belum keluar,setiap golongan akan terus mengobarkan perselisihan sesama umat islam

imam mustofa mengatakan...

coba kalian cek Media Dakwah Hid*yatullah.. isinya jauh dari apa yang Bung Adi Sampaikan.. isinya menggembor gemborkan Persekongkolan Iran dan AS dan menuduh Bashar membantai Umat Sunni , menuduh Iran bersekongkol dengan Israel dan menuduh Iran membantu AS dalam mengagresi Irak.. bagi kalangan awam pasti akan bingung tentang berita berita yang anda dan media dakwah sampaikan mana yang benar dan mana kebohongan

imam mustofa mengatakan...

satu lagi pertanyaan buat Bung Adi maklum saya baru mempelajari nya.. jikalau memang Syiah ajaran yang menyimpang dari islam apa Bung adi membuktikan tuduhan tuduhan tentang kesesatan Syiah.. maaf saya masih awam

Deny Dewan mengatakan...

Klu tentang hidayatullah anda sendiri bisa menilainya..kesannya provokasi dan memutarbalik fakta yg kelihatan..kayak main sulaplah..jelas2 israel mendukung teroris di suriah dan sudah jelas beberapa kali membombardir syria namun hidayatullah mengatakan itu hanya pura karna sebenarnya mereka berteman..lalu logika sederhana aja amerika dan israel pura2 berteman ya..? Amerika dan saudi pura2 berteman ya..? Amerika dan korut pura2 musuhan ya..atau israel dan amerika hanya pura2 mengirim senjata,uang dan bantuan lain2nya kepada teroris di syria adalah senjata dan uang mainannya..? Lalu iran pura2 membantu hizbullah dengan rudal2 tuk perangi israel itu pura2 juga..? Amerika dan israel memasukkan hizbullah sebagai teroris itu pura2..? Amerika dan barat serta konco2nya menjatuhkan sangsi berat terhadap iran cuma pura2..? Agen2 israel membunuh beberapa ahli nuklir dan ilmuan iran itu juga pura2..?qatar berusaha mengkondisikan pertukaran wilayah antara israel dan palestina dengan yerusalem dan masjidil aqsa menjadi milik israel apakah itu pura2 dan apakah itu demi kepentingan islam atau kepentingan perut amir Qatar..? Sudah terang seterang matahari bahwa media2 seperti hidayatullah hanyalah corong yg mendapat dana dari raja2 arab dan demi itu mereka rela menutup hati nurani mereka sendiri dengan mengelabui orang2 islam..namun untuk isi hidayatullah lainnya lebih banyak bagusnya untuk perbekalan diri....teruslah membaca mudah2an di beri petunjuk mana yg benar dan mana yg dibungkus bagus yg isinya hanyalah kotoran...dan untuk komentar terakhir agak membingungkan pertanyaannya..????

imam mustofa mengatakan...

ya kadang kebentaran itu musnah dengan tuduhan tuduhan yang tak berdasar fakta.. saya heran kenapa Ulama Ulama di Indonesia juga mengkafirkan Syiah.. kalo bener sesat kenapa Iran bisa masuk OKI dan kenapa Warga Iran Boleh Naik HAJI.

Deny Dewan mengatakan...

LAILAHAILLAlLAH MUHAMAD RASULULLAH,mempunyai ALQURAN yg satu,sholat menghadap kiblat,berpuasa bulan ramadan,naik haji ke BAITULLAH,mengeluarkan zakat..beriman kepada ALLAH,pada para nabi dan rasul,pada para malaikat,pada hari akhir..apakah itu bisa dikatakan sesat..? Lalu yg tdk sesat itu yg bagaimana..? Apakah mufti wahabi telah menyandang predikat RASULULLAH setelah MUHAMAD RASULULLAH dengan mengeluarkan fatwa2 tampa pakem yg jelas dari ALQURAN atau mereka punya kitab rujukan yg lain..klupun ada saya yakin itu adalah talmud yg didalamnya mengatakan hanya israel yg manusia,selain itu adalah binatang,dan hukum hanya tuk sesama israel,selain itu halal nyawa,harta dan hak2 bangsa lain direbut mereka..begitu pula wahabi,mereka menganggap selain wahabi adalah kafir dan selain wahabi halal darah,nyawa mereka diambil dan di musnahkan..itu salah satu persamaan ajaran talmud dan wahabi..dan masih banyak lagi persamaan lainnya..yg membedakan hanya 1, wahabi berkedog islam dan itulah bahayanya..dan bisa dikatakan merekalah FITNAH yg besar pada akhir jaman..terselubung maka itu dikatakan fitnah dan tentara dajjal bergerilya dari satu wilayah ke wilayah lain dan pasti kehancuran yg terjadi pada wilayah yg mereka lewati..seperti yg sedang mereka lakukan sekarang di syria setelah irak,afganistan,libya dan entah dari anta baranta mana mereka datang...yaqud dan maqud sang balatentara Dajjal LAKNATULLAH...

imam mustofa mengatakan...

saya walaupun sunni tapi bukan anti syiah.. saya harap Kedua Mazhab ini bersatu melawan Arogansi Barat .. mengenai isu isu kesesatan Syiah seperti klaim di media Tentang kabah Kaum Syiah di Karbala dan penghinaan sahabat nabi apa itu merupakan Propaganda ? padahal saya pernah baca Fatwa dari Ayatullah Ali Khameini bahwa di haramkan Untuk menghina sahabat nabi.. kenapa Golongan lain tetap mengkafirkan.. semakin hari semakin sulit untuk mempersatukan dua Mazhab ini

Deny Dewan mengatakan...

Saya islam..ngga sunni ngga syiah..saya ISLAM itu aja..mana yg baik di ambil,mana yg buruk dibuang aja..bertuhan yg satu,Rasulullah yg satu dan ALQURAN yg satu...beramal sholeh dan hati yg selalu dibersihkan..itu aja..laknat sana sini,bom sana sini,makan jantung manusia..itu tdk membawa keridhaan ALLAH..orang yg tdk beragamapun tdk menyenanginya..jadi cukup menilai dengan hati nuranimu menjadi hakimnya dan timbanglah dengan akalmu...musuh bersama kita dan menyusup dlm daging kita hanyalah pemuja talmud dgn gelar WAHABI yg menebar kerusakan di muka bumi berharap memperistri bidadari surga...dikira bidadari suka suka bersuamikan pembunuh,kasar,barbar dengan mulut yg berbau daging jantung manusia...lucu sekali mereka kaum wahabi,dikira surga yg penuh kenikmatan dan bidadari surga yg suci sudi menerima orang yg penuh bergelimang darah manusia tdk bersalah..jangankan menerima,melirik pun ngga..! Apa jadinya klu orang2 seperti wahabi front al nursa bisa menyusup kedalam surga...ha.ha.ha.hancurlah surga dengan bom2 dan kanibal haus darah mereka..surga mereka menjadi neraka yg memang pantas mereka masuki...

Deny Dewan mengatakan...

Bisakah engkau tunjukkan gambarnya tentang KABBAH di karbala ? Apakah ajaran islam yg benar membenarkan propaganda fitnah seperti itu..? Apakah yg saling perang setelah RASULULLAH meninggal, dua2 pihak itu bukan sama2 sahabat RASUL..? Mereka pun saling kritik dan saling menyalahkan, lalu apakah yg satu kafir dan yg satu ISLAM..? Tidak !!! Mereka sama2 ISLAM...jadi cap kafir itu hanyalah produk kaum wahabi dengan abdul wahab sebagai nabinya..karna itu bukanlah ajaran ISLAM mengkafirkan sesama saudara islam yg bersahadad dan masih menjalankan semua rukun islam dan meyakini semua rukun iman..tentang berdoa tangan diatas maupun tangan dibawah,sholat dengan tangan di dada ataupun di perut..saya rasa anda dan saya pun mungkin agak berbeda..dan kita tetap dalam islam, tapi tak taulah persepsi wahabi tentang itu...namun saya ngga mau pusing dengan mereka karna saya pun menghadap sendiri,ditanya sendiri,dihakimi sendiri,bertemu tuhan pun sendiri..tampah kamu dan tampah mereka..hanya berharap keridhaan ALLAH dan Safaat RASULULLAH..tidak pake sahabat manapun..!! Apalagi tdk ada pada rukun islam dan rukun iman..dan saya tetap memuliakan orang yg memang mulia walaupun dia bukan sahabat...jangan paksa memuliakan dan menjadikan panutan orang yg tdk mulia walaupun dia sahabat...ambil buah yg baik2 saja,buanglah yg kurang baik atau jelek karna itu bisa mengganggu kesehatan....

imam mustofa mengatakan...

saya baca di media online ada gambarnya.. entah itu propaganda saya waktu itu kurang paham... yang jelas Bangsa Persia akan menggantikan Bangsa Arab ... hehe

Deny Dewan mengatakan...

KABBAH di karbala namun mereka berbondong2 sholat menghadap KABBAH di mecca dan berbondong2 mengeluarkan uang banyak untuk naik haji ke mecca..yg goblok itu mereka atau yg sebarin fitnah ini..he.he.he..rumus dihitung pake kalkulator pun kalkulator bisa bego sendiri...klu diceritakan lempar mangga yg jatuh kelapa..anda percaya ngga..? Si miun cerita kambing si tomas bisa terbang..? Jangankan selidiki,paling cuma mikir si miun udah gila kali...wahabi primitif kolot kok mau bodohin orang modern yg melek internet sich...he.he.he..kisah naga terbang ngga cocok lagi tuk anak2 jaman sekarang yg udah nonton iron man...

Abdul Gani mengatakan...

sunni ito orang kita kawan, sunni itu ahlisunnah waljamaah, kita harus memperjuangkan hak2 mereka,mereka sama seperti kita

Hasbullah Hadi mengatakan...

Ini bukti syiah itu sesat !!!

dan ini bukti video ada ka'bah dikarbala
https://www.facebook.com/photo.php?v=10200114370217033

cahyono adi mengatakan...

To Hasbullah.
Sudah ditanyakan kepada orang Shiah langsung belum?

Orang-orang Shiah sholat menghadap Ka'bah di Mekkah dan setiap tahun berhaji.

Fitnah itu sangat konyol, seperti fitnah tentang Al Qur'an versi Shiah. Jangan ikut-ikutan jadi orang konyol Pak. Tabayyun dulu.