Friday 25 September 2009

Cina Kemungkinan Borong Emas IMF


Meski belum ada keterangan resmi, berbagai sumber menyebutkan Cina kemungkinan akan membeli cadangan emas IMF sebanyak 403,3 ton senilai $13 miliar. Dengan cadangan emas yang dimilikinya yang telah mencapai 1.054 ton, atau naik 150% dari tahun 2003, pembelian tersebut akan semakin menunjukkan kekuatan ekonomi Cina yang saat ini memiliki cadangan devisa hingga $2 triliun atau senilai sekitar Rp 20.000 triliun.

Market News International, Senin (21/9), mengumumkan rencana pembelian tersebut berdasarkan keterangan dua pejabat Cina yang tidak disebutkan namanya.

"Cina akan mempertimbangkan untuk membeli jika harganya tepat dan keuntungannya cukup tinggi," ungkap jubir MNI.

Saat ini harga emas di pasaran internasional sekitar $1.003,45 per ons sehingga nilai emas yang akan dibeli mencapai $13 miliar. Nilai yang relatif kecil dibandingkan cadangan devisa Cina yang mencapai $2 triliun.

"Ada reaksi pasar yang relatif kecil terhadap desas-desus yang menyebutkan Cina akan membicarakan rencana tersebut dalam pertemuan G-20. Harga terkoreksi sedikit, namun secara keseluruhan tidak terlalu berpengaruh terhadap pasar," kata seorang pedagang emas asal Eropa.

Baru-baru ini Cina mengumumkan memiliki cadangan emas sebanyak 1.054 ton, atau naik lebih dari 150% dibandingkan cadangan emas yang dimiliki negara komunis ini tahun 2003.

Sebelumnya IMF telah mengumumkan akan menjual 403,3 ton cadangan emasnya kepada pemerintah dan bank-bank sentral internasional atau ke pasar emas internasional. Dua pejabat Cina yang tidak bersedia disebut namanya mengatakan kepada Reuters Cina bahwa Cina sebaiknya membeli emas tersebut dengan harga diskon.

"Cina hanya memiliki 1.000 ton cadangan emas dan investasi dalam bentuk lain kurang memberikan hasil yang cukup baik akhir-akhir ini. Lagipula ini akan membantu Cina mendiversifikasi cadangan assetnya," kata pejabat tersebut.

Jika benar membeli cadangan emas yang ditawarkan IMF, Cina kemungkinan besar akan meminta harga diskon karena pembelian dalam jumlah besar akan memberi tekanan terhadap harga emas internasional. Jumlah emas yang ditawarkan IMF merupakan 1/8 cadangan emas yang dimiliki organisasi moneter internasional ini. Adapun permintaan emas global tahun lalu tercatat sebanyak 3.880 ton, demikian menurut data World Gold Council.

No comments: