Friday 18 September 2009

Muhammad Nama Paling Populer di London


Berbanggalah Anda yang bernama Muhammad. Nama ini kini menjadi nama paling populer di kalangan orang tua yang baru melahirkan anaknya di ibukota Inggris, London karena menurut data yang dikeluarkan oleh badan statistik nasional Inggris (ONS), Mohammed adalah nama yang paling banyak disematkan kepada bayi yang baru lahir di London sepanjang tahun 2008. Nama tersebut mengalahkan nama-nama "asli" Inggris seperti Jack, Daniel atau Thomas. Di sisi lain bahkan nama-nama "asli" Inggris lainnya seperti Norman dan Gertrude menghilang dari daftar.

Bahkan jika nama-nama turunan Mohammed yang lain disatukan seperti Muhammad, Muhammed, Mohamed, Mohammad dan Muhammad disatukan, nama itu dua kali lebih banyak digunakan dibandingkan Daniel yang menjadi runner up. Selama tahun 2008 nama Mohammed dan turunannya disematkan kepada 1.828 bayi, sementara Daniel hanya disematkan kepada 844 bayi.

London bukan kota besar di Eropa pertama yang nama Muhammad menjadi nama yang paling populer. Kota-kota lain seperti Brussel (Belgia), Amsterdam (Belanda), Copenhagen (Denmark) dan Oslo (Norwegia) telah mendahuluinya.

ONS berusaha menyembunyikan fakta tersebut dengan mencantumkan nama Mohammed terpisah dengan nama-nama turunannya dan menempatkan nama Mohammed pada urutan ketiga nama paling populer di London. Namun hal itu tetap memunculkan kekhawatiran rasial di kalangan warga asli Inggris yang secara tradisional beragama Kristen. Nama Mohammed juga menjadi nama paling populer di wilayah-wilayah lain di Inggris.

Di kawasan West Midlands, sebanyak 1.399 bayi yang baru lahir menggunakan nama Mohammed, mengalahkan Jack yang hanya digunakan oleh 768 bayi. Di kawasan North West sebanyak 1.337 bayi yang baru lahir menggunakan nama MOhammad, mengalahkan Jack dengan total 1.154. Dan di Yorkshire Mohammed mengalahkan Jack dengan skor 1.255 lawan 854.

Di seluruh Inggris, Mohammed dan nama-nama turunannya menjadi nama paling populer ketiga setelah Jack dan Oliver, masing-masing dengan skor 8.007, 7.413, 6.591. Urutan selanjutnya adalah Olivia dengan skor 5.317, Ruby 4.924 dan Emily 4.874.

Beberapa tahun sebelumnya ONS menolak mengumumkan daftar nama populer berdasarkan kawasan regional dan hanya mencantumkan data secara nasional. Namun para ahli percaya Mohammed dan turunannya telah menjadi nama paling populer di London sejak beberapa tahun sebelumnya. Para ahli juga percaya nama Mohammed dan turunannya adalah nama paling populer di dunia.

Murtaza Shibli dari Muslim Council of Britain saat dimintai komentarnya mengenai data tersebut menyatakan tidak terkejut. "Orang memilih nama itu karena kecintaanya kepada nabi Muhammad dan orang percaya dengan nama itu akan memberikan kebahagiaan dan keberkahan," kata Shibli.

"Juga karena artinya sebagai "orang yang terpuji". Ada keyakinan jika Anda menamakan anak Anda dengan nama Muhammad, mereka akan mengikuti contoh teladan nabi," tambah Shibli.

Sementara itu berdasarkan data ONS antara Juli dan September 2008 Islam menjadi agama paling cepat pertumbuhannya di Inggris dengan tingkat pertumbuhan mencapai 10x lipat pertumbuhan penduduk Inggris. Sampai tahun lalu jumlah penduduk muslim di Inggris mencapai 2,4 juta jiwa, bertambah 500.000 dalam empat tahun. Dalam periode yang sama jumlah penduduk yang beragama kristen turun lebih dari 2 juta orang menjadi 42,6 juta jiwa.

1 comment:

masocad said...

alhamdulillah berita yang meggembirakan , jazakallah khairan atas informasinya, benarlah Allah dengan firmanNya yang berarti bahwa Allah akan meninggikan Islam ini dari seluruh agama lainnya walaupun orang kafier, musyrik dan munafik tidak menyukainya.