Monday 24 April 2017

Cina Segera Luncurkan Kapal Induk Buatan Sendiri

Indonesian Free Press -- Cina segera meluncurkan kapal induk buatan sendiri, setelah dua tahun proses pembuatan. Demikian kantor berita Iran Press TV melaporkan kemarin (24 April).

Menurut sejumlah sumber militer Cina, Senin kemarin, kapal induk yang disebut sebagaia Tipe 001A ini tengah dalam persiapan peluncuran di galangan kapal di Provinsi Liaoning. Sumber militer Cina menyebutkan peluncuran kapal ini kemungkinan 'pada minggu ini'.

Media-media lokal Cina juga melaporkan tentang persiapan peluncuran kapal induk ini. 'Scaffolding di sekeliling badan kapal telah disingkirkan,” tulis media Hongkong South China Morning Post.


Menurut media ini, kapal induk Cina ini berbobot 70.000 ton, panjang 315 meter, lebar 75 meter dan mampu berlayar dengan kecepatan 31 knots.

“Ini lebih besar sedikit dibangdingkan Liaoning, kapal induk pertama Cina, yang di-'refurbish' dari bekas kapal induk Soviet Varyag, yang dibeli dari Ukraina pada tahun 1998,” tulis media ini lagi.

Kapal induk baru ini memiliki hangar yang lebih besar dari pendahulunya untuk menampung pesawat-pesawat tempur-bomber J-15 dan sejumlah helikopter dan pesawat lainnya. Kapal ini ditargetkan mulai beroperasi pada tahun 2020, setelah melalui sejumlah ujicoba dan dilengkapi dengan senjata.(ca)

1 comment:

Kasamago said...

Sang Naga tlh siap menjadi penguasa samudra baru. Ancaman serius bagi hegemoni AS dan sekutu pasifiknya..