Friday 6 July 2012

CHINA DOMINASI DAFTAR BANK PALING BESAR KEUNTUNGANNYA DI DUNIA

China mendominasi daftar bank-bank paling besar keuntungannya di dunia. Tiga bank Cina menduduki urutan pertama, kedua dan ketiga dalam daftar yang dikeluarkan oleh majalah perbankan terkemuka dunia, "The Banker" baru-baru ini.

Ketiga bank Cina tersebut adalah Industrial and Commercial Bank of China (ICBC), China Construction Bank, dan Bank of China, masing-masing mendapatkan keuntungan tahun lalu sebesar $42 miliar, $34 miliar dan 26,8 miliar. Jika dijumlahkan total keuntungan mereka sama dengan 1/3 keuntungan perbankan di seluruh dunia, naik beberapa kali lipat dibanding tahun 2007 yang hanya mencakup 4% total keuntungan perbankan dunia.

Bank Amerika, JPMorgan menduduki peringkat keempat dengan keuntungan senilai $26.7 miliar disusul bank asal Eropa, HSBC yang mendapatkan keuntungan $22 miliar billion.

Namun jika dihitung berdasarkan modal yang menjadi dasar kemampuan bank memberikan pinjaman besar dan menahan goncangan pasar, bank terbesar adalah Bank of America dengan modal sebesar $159 miliar disusul JP Morgan di peringkat kedua dengan modal senilai $150 miliar. Empat bank Cina menduduki 10 besar masing-masing ICBC di tempat ke-tiga, CCB peringkat enam, Bank of China ke-sembilan dan Agricultural Bank of China ke-10.

Adapun bank paling bangkrut adalah National Bank of Greece yang tahun lalu mengalami kerugian senilai $17.4 miliar disusul oleh group Dexia asal Belgia.

Bank-bank Eropa yang tergabung dalam Eurozone mencatat total keuntungan 6% dari total keuntungan perbankan global, anjlok sangat besar dibandingkan 5 tahun lalu sebesar 46%. Namun untuk asset bank-bank Eurozone menduduki peringkat pertama dengan total 45% dari total asset perbankan global. Adapun perbankan Cina sendiri hanya memiliki 29,3% dari total asset perbankan global.



Sumber:
"World’s most profitable bank is ICBC, a state-owned Chinese bank"; Reuters; 2 Juli 2012

No comments: