Friday 9 June 2017

Drone Iran Buntuti Drone AS di Suriah

Indonesian Free Press -- Televisi milik kelompok Hizbollah Lebanon, Al Manar TV, hari Rabu (7 Juni) merilis video yang memperlihatkan drone Amerika yang dibuntuti oleh drone Iran.

Menurut Al Manar TV, drone milik Amerika itu terbang di wilayah tenggara Suriah, ketika terdeteksi oleh drone Iran yang kemudian membuntuti dan mengambil gambar drone tersebut. Al Manar menyebut, aksi drone Iran itu tidak diketahui oleh pihak Amerika.

"Film tersebut menunjukkan drone tipe Predator yang digunakan oleh militer Amerika melakukan misi pengamatan dan serangan, terbang tinggi di atas wilayah yang tidak diketahui," tulis Al Manar TV.


Namun kebenaran video ini masih belum terverifikasi.

Munculnya video tersebut di tengah-tengah ketegangan antara Amerika dengan aliansi militer pendukung Suriah termasuk Hezbollah. Pada hari Rabu (7 Juni) Aliansi pro-Suriah mengancam akan membom posisi Amerika di Suriah sehari setelah koalisi Amerika menyerang pasukan Aliansi Suriah.

Pada hari Kamis (8 Juni) koalisi Amerika kembali menyerang pasukan Suriah di wilayah dekat kota at-Tanf di tenggara Suriah dekat perbatasan Irak. Serangan ini menghancurkan sejumlah peralatan militer Suriah dan menghambat gerakan pasukan Suriah ke wilayah Khibrat al-Shami yang berada di jalur Damascus – Baghdad, atau 40 km dari pangkalan militer yang didirikan Amerika.

Menurut pernyataan koalisi Amerika, serangan itu juga telah menjatuhkan sebuah drone Iran tipe Shahhed-129.(ca)

1 comment:

Kasamago said...

Drone war tngh berlangsung antara US vs Iran..