Monday 11 December 2017

Pakistan Ancam Tembak Drone Amerika

Indonesian Free Press -- Pakistan mengancam akan menembak jatuh semua drone yang masuk ke wilayah udara Pakistan tanpa ijin, termasuk milik Amerika. Hal itu disampaikan Kastaf AU Pakistan Marshal Sohail Aman.

"Kami tidak akan mengijinkan siapapun melanggar wilayah udara kami. Saya telah memerintahkan angkatan udara untuk menembak jatuh drone-dreon, termasuk milik Amerika, yang masuk wilayah udara kami, melanggar kedaulatan wilayah kami," kata Aman di hadapan pers seperti dialaporkan Times of India, 9 Desember.

Langkah ini merupakan perubahan radikal dari kebijakan militer Pakistan terhadap Amerika setelah selama ini Pakistan terkesan membiarkan berbagai pelanggaran wilayah udara negara tersebut oleh Amerika. Selama ini Pakistan hanya mengecam pelanggaran-pelanggaran tersebut dan belum pernah sekalipun mengancam untuk menembak jatuh.

Pengumuman ini berselang dua minggu setelah terjadinya insiden serangan drone Amerika di perbatasan Pakistan-Afghanistan yang menewaskan tiga orang. Ratusan warga sipil Pakistan telah tewas oleh serangan-serangan drone Amerika sajak tahun 2001, yang diklaim sebagai kampanye anti-terorisme.(ca)

No comments: