Sunday, 31 March 2013

AKHIRNYA SEJUTA HIT

Bagi hampir semua blogger, angka 1 juta hit merupakan angka yang keramat, karena eksistensi sebuah blog dianggap ada saat blog tersebut telah mendapatkan kunjungan 1 juta hit. Saya ingat beberapa tahun lalu ada seorang penulis buku yang mempromosikan diri sebagai "blogger sejuta hit". Dan sama dengan blogger-bloger lainnya, saya pun merasa sangat bangga saat akhirnya blog ini mencapai kunjungan ke-1 jutanya minggu ini. Hal ini membuktikan bahwa blog ini eksis di tengah-tengah masyarakat.

Ketika memulai membuat blog ini saya (blogger) hanya berfikir bahwa blog ini ada yang mengunjungi setiap harinya. Saya tidak peduli jika hanya ada 5 kunjungan setiap hari, saya akan merasa bangga bahwa saya bisa memberikan informasi yang menurut saya bermanfaat bagi sesama. Mungkin karena hanya dengan itulah saat ini saya bisa "bersedekah" kepada orang lain.

Maka saya sangat senang karena ternyata apa yang saya dapatkan ternyata lebih besar dari harapan saya. Pada bulan-bulan pertama jumlah kunjungan per-hari blog ini mencapai angka 50 sampai 100 hit. Saya semakin senang setelah mengetahui bahwa angka kunjungan tahun pertama blog ini mencapai angka 40.000 hit.

Ketika pada pertengahan tahun lalu angka kunjungan blog ini mencapai angka 1.500-an hit per-hari atau sekitar 45.000 hit per-bulan, saya bisa mulai membanggakannya pada teman-teman terdekat saya. Dan pelan namun pasti, angka kunjungan itu terus bertambah hingga saat ini mencapai angka 75.000 hit per-bulan atau sekitar 2.500 hit per-hari. Beberapa bulan lalu angkanya bahkan pernah lebih tinggi lagi, yaitu mencapai 100.000 per-bulan, yaitu ketika saya terlibat perdebatan sengit dengan para fans Dahlan Iskan yang meradang karena kritikan-kritikan saya pada pujaan mereka.

Selama keberadaan blog ini, ada beberapa moment penting yang membuat blog ini semakin dikenal di dunia maya. Moment pertama adalah tulisan berseri "Sang Terpilih" yang berhasil mendongkrak angka kunjungan harian ini mendekati 1.000 hit setelah sebelumnya tidak pernah beranjak dari angka 500. Selanjutnya adalah tulisan tentang pengakuan Anggito Abimanyu soal tidak adanya subsidi BBM yang secara mengejutkan berkembang menjadi isu nasional hingga memaksa Anggito menggelar konperensi pers untuk "meluruskan" persepsi masyarakat tentang dirinya terkait masalah subsidi BBM. Saat itu angka kunjungan harian blog ini mencapai angka 15.000 hit. Dan moment lainnya yang juga turut mempengaruhi kepopuleran blog ini tentu saja adalah perubahan perwajahan dari setting bawaan blogger lama ke setting yang baru seperti sekarang.

Mungkin angka 1 juta hit tidak begitu membanggakan lagi bagi sebagian blogger di Indonesia yang blognya telah jauh melampaui angka itu. Namun bagi satu blog pribadi yang dikelola secara amatiran dan kontennya adalah hal-hal yang "berat" seperti blog ini, angka itu tentu sangat membanggakan. Bahkan dengan trend angka kunjungan harian saat ini, jumlah 1 juta hit tidak akan memerlukan waktu hingga 4 tahun lebih sebagaimana waktu yang dibutuhkan blog ini. Prediksinya sejuta hit berikutnya hanya memerlukan waktu 1 tahun.

Untuk itu saya mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pengunjung setia blog ini, baik yang sama pemikiran-pemikirannya dengan saya ataupun yang kontra. Tanpa Anda semua tentu blog ini tidak akan bisa eksis seperti saat ini. Terima kasih juga saya sampaikan kepada para donatur yang telah rela menyisihkan sebagian rejekinya untuk blog ini.

9 comments:

Achdyat Alpharia said...

Congrats!....keep working, like your "theme" above.

yayan pusatcollection said...

lanjutkan terus pa adi

Admin said...

lanjutkan, bang

kasamago said...

selamat mz Adi, keep move..

g kerasa udah 3 thn ngikutin blog ini.

cahyono adi said...

Terima kasih atas semua dukungannya.

GOLDWAY said...

cangrats Kang Adi... ane tunggu updating terbarunya...

Deny Dewan said...

HORAS !!! Maju terus bang...!!!

tommy ahmd said...

Bongkar Bang....

Daru Arifin said...

Lanjut 86 Mantabbbssss