Wednesday, 22 May 2013

SYRIA TANGKAP SENJATA ISRAEL DI ANTARA PEMBERONTAK

Tentara Syria berhasil merampas sejumlah perlengkapan militer buatan Israel dalam pertempuran di Al Qusayr hari Senin (20/5). Perampasan tersebut membuktikan keterlibatan langsung Israel dalam konspirasi pemberontakan di Syria.

Gambar yang beredar di beberapa media menunjukkan sebuah kendaraan jip berlapis baja berisi pakaian-pakaian seragam militer serta perlengkapan komunikasi yang diduga digunakan sebagai perangkat pengacau jalur komunikasi militer Syria. Media Lebanon Al-Mayadeen TV bahkan menyebutkan adanya bendera Israel yang ditemukan di area pertempuran, namun segera diturunkan dan dibakar oleh tentara Syria.

“Kami langsung membakarnya setelah melihat bendera Israel," kata prajurit yang disebut telah membakar bendera tersebut.

"Penangkapan kendaraan Israel dan perlengkapan komunikasi di Qusayr mengkonfirmasi bahwa para pemberontak dari berbagai kelompok tidak lebih dari satu struktur yang dipimpin Israel, Qatar dan Turki," kata tulis kantor berita Syria SANA.


MILITER SYRIA KUASAI AL QUSAYR

Al Qusayr, kota yang berada di dekat perbatasan Syria dengan Lebanon, kini menjadi medan perang paling hebat di antara seluruh konflik di Syria. Pihak-pihak yang terlibat konflik menganggap kota ini sebagai wilayah yang strategis karena selama ini menjadi simpul penghubung logistik pemberontak terutama yang berasal dari Lebanon.

Media Iran Press TV melaporkan baru-baru ini bahwa militer Syria telah mencapai perkembangan signifikan dengan menguasai sebagian besar wilayah kota ini. Bagian timur kota termasuk kompleks perkantoran pemerintahan dan lapangan kota kini berada di bawah kontrol militer Syria sepenuhnya.

"Kami berhasil memasuki kota dari beberapa arah. Kami mendapatkan perlawanan hebat namun berhasil mengatasi mereka dan menguasai wilayah-wilayah mereka dan kami akan mengejar mereka dan menghancurkan mereka dimanapun mereka berada," kata seorang prajurit yang diwawancarai Press TV.

Sementara itu militer Syria menyebutkan berhasil membunuh 2 orang komandan lapangan pemberontak dalam operasi militer di kota itu.

Pertempuran hebat masih terjadi di beberapa sudut kota seiring dengan operasi pembersihan yang dilakukan tentara pemerintah. Dikabarkan sebagian besar pasukan pemberontak telah melarikan diri meninggalkan rekan-rekannya yang terkepung. Sejumlah besar perlengkapan militer pemberontak berhasil dirampas pasukan pemerintah termasuk peralatan militer buatan Israel. Militer Syria juga menyatakan telah menemukan roket-roket dan senjata-senjata lainnya yang merupakan buatan Israel.

Tentara Syria mulai memasuki kota pada tgl 19 Mei setelah sebelumnya terlibat pertempuran hebat dengan pemberontak yang menguasai kota. Media-media Arab dan barat menyebut keterlibatan milisi-milisi Hizbollah di pihak militer Syria.



REF:
"Syrian Army Seizes Israeli Military Vehicle in Qusayr"; almanar.com.lb; 20 Mei 2013
"Syria army takes back 70% of W city"; Press TV; 21 Mei 2013

2 comments:

imam mustofa said...

memang sudah jelas Israel,as,arab saudi, qatar dan turki turut membantu pemberontak.. dengan kedok perlawanan rezim syiah , umat muslim sunni sudah tertipu oleh konspirasi buruk Zionis.. saya yakin jika intervensi militer oleh negara negara arab dan nato , ini akan menjadi konflik terbesar di timur tengan dengan melibatkan beberapa negara di kawasan belum lagi Rusia dan China... saya tetap duku Bashar Al Assad ...

Anis Satun said...

Saya sunni sejati.. Saya akui sunni sekarang sunni goblok semua.. Gak kayak sunni zaman dlu.. Apalagi skrng ada sunni jadi jadi an.. Alias wahabi saudi antek amerika israel..
Saudi bani saud bani yang gak punya harga diri jongos amerika israel.. Jancokkkkkkkkk bangsattttt