Sunday, 28 July 2013

PALESTINA PUJI PERAN IRAN

(PERJUANGAN MEMBEBASKAN PALESTINA TAKKAN PERNAH BERHENTI)


Dubes Palestina untuk Iran atas nama bangsa Palestina, menyampaikan pujiannya terhadap peran Iran dalam perjuangan pembebasan Palestina dari pendudukan Israel. Beliau juga menegaskan bahwa perjuangan untuk membebaskan  Palestina tidak akan pernah berhenti.

Berbicara dalam konperensi pers yang diselenggarkan di Teheran, Sabtu (27/7), Dubes Salah Zawawi menyatakan optimisme bangsa Palestina untuk bisa membebaskan negeri mereka dari penjajahan Israel. Tidak lupa beliau juga memuji peran Imam Khomeini, pemimpin tertinggi Iran yang berhasil memimpin Iran menggulingkan regim pro-zionis Shah Reza Pahlevi tahun 1979. Atas inisiatif Khomeini pada tahun 1979, setiap hari Jumat terakhir di bulan Ramadhan umat Islam di seluruh dunia merayakannya sebagai Hari al Quds (Jerussalem).

Sang dubes menyebutkan bahwa Revolusi Islam Iran dan perjuangan pembebasan Palestina merupakan satu kesatuan yang saling terkait yang baru akan berakhir sampai Palestina berhasil dibebaskan.

Lebih jauh Zawawi mengatakan bahwa keputusan Majelis Umum PBB untuk meningkatkan status keanggotaan Palestina November tahun lalu merupakan kemenangan nyata bagi perjuangan Palestina.

Sebagaimana diketahui pada tgl 29 November 2012 Majelis Umum PBB meningkatkan status Palestina dari "entitas peninjau" menjadi "negara peninjau non-anggota", dari status "entitas" menjadi "negara" meski belum dianggap sebagai anggota penuh yang memiliki hak suara. Keputusan ini diambil di tengah upaya keras penentangan dari Amerika dan Israel.

Dengan status baru ini Palestina bisa berpartisipasi dan menyampaikan aspirasinya dalam sidang Majelis Umum PBB dan meningkatkan peluang mereka bergabung dalam lembaga-lembaga di bawah PBB termasuk International Criminal Court dimana Palestina dapat mengajukan tuntutan terhadap Israel.



REF:
"Fight to liberate Palestine will never stop: Palestinian envoy"; Press TV; 27 Juli 2013

1 comment:

Deny Dewan said...

ALHAMDULILLAH..segala puji hanya milik ALLAH Tuhan semesta alam....