Thursday 20 June 2013

RESENSI BUKU "PRAHARA SURIAH" KARYA DINA Y. SULAEMAN

Hanya ada satu komentar saya (blogger) tentang buku ini: luar biasa. Keunggulan buku ini tidak saja pada upaya penulisnya untuk menggambarkan konflik Syria secara komprehensif, jujur dan adil, namun juga pada keberhasilan penulis merekonstruksi gambaran utuh konflik Syria dari serpihan-serpihan informasi yang beredar luas di berbagai media massa. Suatu pekerjaan yang membutuhkan ketelitian dan kesabaran tinggi dari penulisnya. Namun bagi penulis yang sudah banyak melahirkan buku-buku berkualitas dan "bestseller" seperti "Mukjizat Abad 20" dan "Pelangi di Persia", tentu bukan hal yang terlalu sulit.

Tentu saja ada beberapa kelemahan dalam buku ini seperti Perdana Menteri Turki Tayyep Erdogan yang salah ditulis sebagai presiden, serta tanda baca atau beberapa huruf pembentuk kata yang hilang. Juga ketika dengan panjang lebar menjelaskan tentang pemberontakan Libya dan penggulingan Khadaffi (hingga eksekusi jalanan terhadapnya) yang ternyata adalah proyek zionisme luar dalam (meski HTI mengklaim sebagai keberhasilan proyek khilafah Islam di Libya), termasuk dengan memaparkan peran sentral yang dilakukan zionis Bernard Henry Levy, buku ini tidak menyinggung tentang pabrik-pabrik senjata kimia (dan reaktor nuklir?) Libya yang kini menjadi milik Israel dan dioperasikan oleh tentara dan agen-agen rahasia Israel. Juga pada halaman 145 terdapat ketidak-konsistenan logika antara alinea pertama dan kedua.

Namun kelemahan-kelemahan tersebut tidak mampu mengurangi nilai lebih buku ini. Buku yang harus dibaca oleh semua orang yang ingin mendapatkan informasi sesungguhnya tentang konflik di Syria, salah satu konflik yang paling menarik dalam sejarah modern.

Buku ini dijamin akan membuka mata orang-orang yang selama ini "tersihir" oleh kampanye media massa dan orasi beberapa ulama (sesat?) yang menyebut konflik di Syria adalah "perjuangan demokrasi" atau "jihad Islam". Karena sesungguhnya, sebagaimana fakta-fakta yang ditampilkan dalam buku ini, konflik Syria merupakan "proyek zionisme internasional" yang mempunyai 2 tujuan, yaitu tujuan politik demi mengamankan ide pembentukan negara Israel Raya, serta tujuan ekonomi untuk menguasai cadangan gas raksasa yang ditemukan di Syria.

Buku ini sudah bisa didapatkan di jaringan toko-toko buku besar tanah air dengan harga yang cukup terjangkau.

Berikut sekilas data tentang buku "Prahara Suriah - Membongkar Persekongkolan Internasional"

Penulis: Dina Y. Sulaeman
Jumlah halaman: 238
Ukuran: 13 cm x 20,5 cm
Penerbit: Pustaka IIMaN
Distributor: Mizan Media Utama

No comments: