Sunday 30 June 2013

IRAN-RUSIA LATIHAN PERANG LAUT DI KASPIA

Angkatan laut Iran dan Rusia akan melakukan latihan perang bersama di Laut Kaspia tahun ini. Latihan bersama ini merupakan yang kedua kalinya setelah sebelumnya dilakukan tahun 2009 dengan melibatkan sekitar 30 kapal perang dari kedua negara.

Demikian pengumuman yang dikeluarkan Deputi Panglima Armada Laut Kaspia Rusia Nikolai Yakubovsky setelah mengadakan pertemuan dengan komanda armada laut Iran yang bertamu ke kota pelabuhan Astrakhan, Jum'at (28/6) sebagaimana dilaporkan media Rusia "RIA Novosti".

Iran telah mengirim 2 kapal berpeluru kendali buatan domestik ke Astrakhan, Laut Kaspia, sebagai bagian dari peningkatan kerjasama militer kedua negara. Selama kunjungan tersebut para perwira AL Iran mengadakan kunjungan ke berbagai fasilitas militer Rusia di kota sekitar serta mengadakan pertemuan dengan beberapa pejabat dan perwira tinggi Rusia.

Kunjungan kapal-kapal perang Iran tersebut merupakan balasan dari kunjungan kapal-kapal perang Rusia dari Armada Pasifik, ke pelabuhan Bandar Abbas, tgl 21 April lalu. Armada kecil Rusia itu terdiri dari destroyer anti-kapal selam "Admiral Panteleyev", dan kapal logistik "Peresvet" dan kapal pengangkut "Admiral Nevelskoi" dengan jumlah personil mencapai 712 orang Kapal-kapal tersebut selanjutnya berlayar ke Laut Tengah untuk mengaktifkan kembali Armada Laut Tengah Rusia yang dinon-aktifkan setelah runtuhnya UNi Sovyet.

Selain berhasil membangun beberapa kapal perang modern buatan sendiri, dalam beberapa tahun terakhir Iran telah mengirimkan kapal-kapal perangnya ke berbagai perairan dunia hingga ke Samudra Pasifik dan Atlantik. Kehadiran kapal-kapal tersebut selain untuk melindungi kapal-kapal dagang Iran juga memiliki simbol politik yang sangat kuat, yaitu menunjukkan pengaruh global Iran yang semakin kuat.



REF:
"Iran, Russia plan joint naval exercise in Caspian Sea: Russian cmdr."; Press TV; 29 Juni 2013

No comments: