Sunday, 16 June 2013

MANTAN MENLU PERANCIS: KONFLIK SYRIA DIRENCANAKAN LAMA DI INGGRIS

(TENTARA SYRIA BERGERAK MAJU DI ALEPPO)


Mantan menlu Perancis Roland Dumas baru-baru ini membuat pengakuan mengejutkan melalui televisi Perancis LCP, bahwa konflik Syria telah disiapkan di Inggris 2 tahun sebelum munculnya gerakan "Arab Springs".

"Saya akan mengatakan kepada Anda sesuatu. Saat itu saya tengah berada di Inggis 2 tahun sebelum kerusuhan di Syria terjadi. Saya bertemu beberapa pejabat Inggris yang mengaku kepada saya bahwa mereka tengah mempersiapkan sesuatu di Syria," kata Dumas.

"Ini terjadi di Inggris, bukan Amerika. Mereka tengah mengorganisir satu serangan pemberontakan terhadap Syria. Mereka bahkan mengajak saya untuk bergabung meski saya bukan lagi menteri luar negeri. Tentu saja saya menolak. Saya katakan saya orang Perancis dan hal itu tidak menarik saya," tambahnya.

Dumas selanjutnya memberikan keterangan lebih jauh tentang konflik yang kini telah menelan puluhan ribu jiwa itu.

"Operasi ini telah berlangsung lama. Telah dipersiapkan, dikondisikan dan direncanakan.... di kawasan itu, adalah penting untuk mengetahui bahwa regim (Bashar al Assad) sangat anti-Israel. Konsekuensinya segala yang bergerak di kawasan, dan saya telah mendapatkan informasi dari mantan perdana menteri Israel, bahwa Israel akan berbaik hati pada negara-negara tetangganya. Namun negara manapun yang tidak setuju dengan keinginan Israel akan dihancurkan."

"Inilah tipe dunia politik, sebuah pandangan sejarah  Semua orang harus mengetahui hal ini," kata Dumas.

TENTARA SYRIA BERGERAK MAJU DI ALEPPO

Tentara Syria mengalami kemajuan berarti dalam upayanya mengusir para pemberontak dari pertahanan terakhir pemberontak di kota provinsi Aleppo dengan merebut kawasan Rusafa, Deir Ezzor.

Pada hari Jum'at (14/6) tentara Syria berhasil memukul mundur upaya penerobosan yang dilakukan pemberontak yang bergerak ke jembatan al-Awared di kawasan Sheikh Maqsood, Aleppo. Demikian laporan media Lebanon Al-Manar hari Jum'at (14/6). Pertempura juga terjadi di pintu masuk kawasan al-Sakhoor, Aleppo, di tengah kemajuan tentara di kawasan tersebut.

Almanar juga melaporkan pertempuran di kawasan-kawasan lain seperti di sebelah timur kota al-Nobbol yang terletak di utara Aleppo.

“Pertempuran telah mengakibatkan sejumlah pemberontak tewas dan luka-luka," demikian laporan Almanar mengutip pernyataan seorang sumber. Di kawasan tersebut tentara Syria berhasil menancapkan bendera di Desa Mayer.

Sementara itu pesawat-pesawat tempur Syria dikabarkan berhasil menghancurkan kantor pemerintahan sipil pemberontak Hay’a Shari’a, di kota Raqqa, menewaskan sejumlah besar pemberontak dan menghancurkan sejumlah kendaraan bersenjata.

Di Tartous, komandan pemberontak dari satuan "Free of the Coast battalion" ditangkap bersama anak buahnya saat mencoba melarikan diri ke Lebanon melalui jalur penyelundupan. Al-Manar juga melaporkan tentara Syria berhasil menggagalkan serangan bom bunuh diri di area Kafr Amer di Zaqbadani, Damaskus, dimana tentara menghancurkan kendaraan yang digunakan penyerang sebelum mencapai sasaran.

Di luar kota Banias, seorang pemberontak yang hendak melakukan serangan bom bunuh diri, meledakkan diri saat dikejar tentara. Lebih jauh Al-Manar mengkonfirmasi bahwa tentara Syria menyerang pemberontak di kawasan al-Jubeila, Sanaa, Hamidiya dan Sheikh Yassin di kota Deir Ezzor. Mereka juga berhasil menguasai kawasan al-Rusafa di kota yang sama.

Dalam konteks yang sama televisi Syria "Al-Ekhbariya" melaporkan pada hari Jum'at bahwa tentara Syria berhasil memulihkan keamanan di al-Rusafa, Deir Ezzor, setelah mengusir para pemberontak di sana.

Pemerintah lokal juga mengumumkan bahwa tentara Syria berhasil memulihkan keamanan di desa Abu Habaylat di sebelah timur kota Hama setelah mengalahkan pemberontak dari faksi al-Nusra Front.



REF:
"Former French Foreign Minister: The War against Syria was Planned Two years before “The Arab Spring”"; Gearóid Ó Colmáin; Global Research, 15 Juni 2013

"Syrian Army Advances in Aleppo, Controls Rusafa Neighborhood in Deir Ezzor"; Al-Manar Website; 14 Juni 2013

1 comment:

Aisyah Fadiya - De Ngaden Awak Bisa - said...

Apakah Tata Dunia Baru dmulai dari Suriah?

http://renunganmalamhariyangpanas.blogspot.com/2013/06/dari-suriah-menuju-new-world-order.html